tanda tanda kanker lambung
Kesehatan

Ini Dia Tanda-tanda Kanker Lambung

Tahukah Anda bahwa kanker lambung termasuk dalam 10 jenis kanker yang paling mematikan di dunia? Dan tahukah Anda bahwa pada stadium awal kanker lambung masih sangat mungkin untuk disembuhkan? Yang terpenting adalah deteksi dini kanker lambung. Termasuk dengan cara mengenali sedini mungkin tanda-tanda kanker lambung sebagaimana yang dikutip dari laman deherba berikut ini.

Sebagaimana dijelaskan dalam laman deherba.com, penyakit kanker lambung biasanya berhubungan dengan masalah peradangan yang berkembang pada lambung. Baik itu karena infeksi atau masalah peradangan lain. Ketika peradangan tidak terkendali, maka kecenderungan untuk sel-sel melakukan regenerasi dengan cara tidak normal semakin meningkat. Ini yang kemudian berpotensi menjadi kanker.

Lambung termasuk organ yang mudah mengalami peradangan karena di dalamnya terdapat kandungan asam yang tinggi. Lambung secara alami melakukan gerakan peristaltik untuk menggerus makanan di dalamnya sekaligus membantu proses sekresi makanan dengan asam lambung.

tanda tanda kanker lambung

Ketika Anda tidak makan, lambung tetap melakukan fungsi peristaltik ini. Hingga menyebabkan dinding lambung mengalami iritasi, yang bila tidak segera diatasi akan mudah sekali memburuk berkat paparan asam lambung.

Selain itu, radang lambung juga mungkin terjadi akibat infeksi dari bakteri Helicobacter Pylori. Bakteri ini lazim menyerang pencernaan dan memicu infeksi baik itu dalam usus, lambung hingga area kolon.

Yang menjadi masalah, lebih dari 80% kasus penyakit kanker lambung berkaitan dengan jaringan mukosa yang berfungsi menghasilkan enzim pada lambung. Secara medis disebut sebagai kanker lambung adenokarsinoma.

Ini salah satu alasan mengapa kanker lambung dapat mematikan, karena kerusakan pada lambung akan mempengaruhi seluruh fungsi sistem pencernaan. Karena makanan tidak mengalami proses sekresi enzim sebagaimana mestinya.

Meski demikian, pada stadium awal, penyakit kanker lambung masih memiliki tingkat prognosis atau potensi bertahan hingga 85%. Karenanya penting untuk seseorang lebih waspada untuk menyadari keberadaan tanda-tanda kanker lambung. Hingga diagnosa awal dapat dilakukan.

Adapun tanda-tanda kanker lambung tersebut adalah sebagai berikut.

Rasa kembung yang muncul terus menerus

Akibat kadar asam dalam lambung, kadang lambung memproduksi gas sebagai bentuk reaksi kimiawi asam dengan unsur makanan yang masuk ke dalam lambung. Tetapi, bila pasien mengalami gangguan peradangan atau kerusakan termasuk kanker, produksi gas bisa terjadi lebih masif. Hingga pasien akan mengalami efek kembung yang muncul terus menerus.

Perut sisi kiri terasa nyeri

Lokasi lambung terletak pada sisi kiri atas perut. Ketika Anda mengalami iritasi ringan saja, perut kiri atas akan terasa nyeri. Apalagi bila pasien mengalami inflamasi berat dan kerusakan akibat kanker, maka akan muncul tanda-tanda kanker lambung berupa rasa nyeri yang kuat. Kadang terasa cukup intens hingga terasa seperti kram, kadang datang dan pergi hingga sulit untuk dipastikan.

Aroma sendawa tidak sedap

Gas yang terbentuk pada lambung yang mengalami kanker akan beraroma tidak sedap. Ini karena terjadi perpaduan antara efek inflamasi dan unsur-unsur enzim yang berpadu di dalamnya. Hingga ketika pasien bersendawa, akan muncul aroma tidak sedap bahkan kadang terasa busuk.

Perut kiri bengkak

tanda-tanda kanker lambung lain adalah munculnya pembengkakan pada perut kiri. Ini karena perkembangan kanker menyebabkan ukuran lambung membesar. Biasanya pasien juga merasakan efek sesak di perut kiri. Hingga pasien kadang merasa tidak nyaman bernafas dan makan.

Kerap merasa mual

tanda-tanda penyakit kanker lambung lain adalah munculnya rasa mual yang terus datang dan pergi. Produksi enzim yang terganggu dan perkembangan gas di dalam lambung turut meningkatkan dorongan untuk kerap merasa mual.

Kerap merasa Diare atau konstipasi

Karena proses cerna terganggu, hasilnya feses yang dihasilkan akan lebih cair atau justru lebih padat dari seharusnya. Hingga pasien akan mengalami tanda-tanda penyakit kanker lambung lain berupa kerap mengalami diare atau konstipasi yang terus menerus.