Kesehatan

Jenis-Jenis Sakit Kepala

Sakit kepala adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja baik muda maupun tua. Nyeri di kepala dapat terjadi pada semua bagian kepala sampai dengan bagian leher tak luput dari rasa sakit. Umumnya sakit kepala hanya berlangsung selama beberapa jam saja tak sampai berhari-hari.

Secara umum sakit kepala ada tiga jenis yaitu migrain, sakit kepala tegang dan sakit kepala clauser. Lalu apa saja perbedaannya? Yuk simak berikut ini:

 

1. Migrain

Migrain adalah sakit kepala yang terjadi hanya pada bagian sisi saja. Migrain dapat terjadi dan berlangsung berjam-jam bahkan bisa sampai berhari-hari. Orang yang mengalami migrain dapat juga mengalami masalah kesehatan lainnya seperti perasaan mual, muntah, sensitif terhadap cahaya dan suara bising.

Tak ada penyebab migrain yang secara pasti diketahui saat ini namun beberapa faktor yang dapat memicu munculnya migrain adalah kelelahan, stres, kurang tidur, merokok, minum minuman keras dan lain sebagainya.

 

2. Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang merupakan sakit kepala yang paling umum terjadi yang ditandai nyeri di kedua sisi kepala, bagian belakang mata, dan sebagian sampai ke leher. Yang dirasakan oleh penderita adalah perasaan seperti terikat oleh tali yang sangat kencang oleh tali di bagian kepala.

Hal yang menyebabkan sakit kepala jenis ini adalah karena stres. Biasanya dapat berlangsung antara 30 menit sampai beberapa hari. Ketika seseorang terserang sakit kepala tegang maka aktivitas sehari-hari akan sangat terganggu.

 

3. Sakit Kepala Clauster

Sakit kepala clauster merupakan sakit kepala yang terjadi di satu sisi saja. Bedanya dengan migrain adalah sakit kepala ini dapat terjadi secara tiba-tiba. Seseorang dapat terbangun dari tidur karena rasa sakit yang muncul karena sakit kepala jenis ini. Penderita akan mengalami sakit tak tertahankan di kepala, mata merah, bengkak, dan juga berair.

Beberapa faktor resiko sakit kepala clauster adalah karena mengkonsumsi minuman beralkohol, memiliki anggota keluarga yang memiliki sakit kepala Clauster, merokok dan karena usia.

 

Jika anda mengalami sakit kepala seperti diatas dalam waktu beberapa hari maka segeralah hubungi dokter.