Hewan

Tips dan Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Kotor dengan Aman

Sebagian besar kucing rumah, umumnya tidak memerlukan pembersihan telinga ini. Akan tetapi ketika kucing tersebut mengalami beberapa gangguan pada bagian telinga, cara ini tentu saja akan direkomendasikan. Lalu bagaimana cara membersihkan telinga kucing Ini? Ini ulasannya.

 

Cara membersihkan telinga kucing dengan aman

Pertama yang harus kamu lakukan untuk membersihkan telinga kucing kamu adalah memastikan kucing kamu duduk dengan posisi yang nyaman. Dudukkan kucing di paha kamu dan pastikan ia tidak banyak bergerak. Bungkus kucing dengan selimut atau dengan menggunakan handuk untuk memastikan kucing tidak bergerak secara ekstrem pada saat telinganya dibersihkan.

  • Pegang daun telinga kucing

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memegang daun telinganya. Pastikan kamu memegang dalam telinga kucing kamu dengan lembut tapi tegas. Kamu bisa memegangnya dengan menggunakan satu tangan sedangkan tangan lainnya memegang pembersih telinga yang sudah dilengkapi dengan menggunakan larutan pembersih telinga.

Saat kamu akan membersihkan telinga kucing kamu, pastikan kamu menggunakan larutan pembersih khusus kucing yang berkualitas tinggi. Hindari menggunakan cairan pembersih telinga yang mengandung alkohol atau hidrogen peroksida. Ini disebabkan karena cairan pembersih yang mengandung alkohol dan hidrogen peroksida dapat melukai bagian saluran telinga kucing.

  • Bersihkan telinga dalam kucing

Setelah kamu memegang telinga kucing, langkah selanjutnya adalah menetesi telinga kucing dengan pembersih. Selain menggunakan larutan pembersih, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun yang sudah hangat. Bisa meneteskan minyak zaitun ini sebanyak 2 hingga 3 tetes ke masing-masing telinga kucing.

Setelah minyak zaitun sudah diteteskan ke dalam telinga kucing, lepaskan kucing dan biarkan ia menggoyang-goyangkan kepalanya. Saat kucing menggoyangkan kepalanya, secara tidak langsung kotoran telinga akan ikut keluar bersama dengan minyak yang sudah di teteskan.

  • Bersihkan daun telinga kucing

Setelah kamu melepaskan kucing kamu selama 5 menit, kamu mungkin akan melihat banyak kotoran ada di dalam telinga dalam kucing. Oleh karena itu kamu bisa mengambil kucing kamu kembali dan memposisikannya agar mudah untuk dibersihkan telinganya.

Ambil kapas yang telah dibasahi dengan menggunakan air hangat selalu bersihkan bagian luar telinga kucing dengan hati-hati. Kamu bisa memasangkan handuk kembali agar kucing kamu merasa tenang. Oh iya jika kamu memiliki kucing dengan golok panjang, kamu bisa memotong bulu yang ada di sekitar daun telinga yang menutupi akses kamu dalam membersihkan telinga kucing kamu.

  • Hal penting untuk diperhatikan saat membersihkan telinga kucing

Jangan lupa juga untuk memperhatikan hal-hal terkait dengan visual telinga kucing kamu. Jika kamu melihat ada luka atau warna bagian telinga dalam kucing yang memerah artinya ini bukan tanda telinga kucing yang sehat. Jika terjadi seperti ini, sebaiknya kamu segera mencari tahu apakah ada yang salah dengan telinga kucing kamu atau tidak.

Hal ini disebabkan karena masalah telinga kucing memang cukup riskan. Selain dapat terjadi peradangan, masalah telinga kucing yang luka, memiliki ciri-ciri tertentu atau bahkan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu tanda bahwa kucing kamu sedang dalam kondisi yang tidak sehat.

 

Jika kamu memiliki jenis kucing yang rentan terhadap infeksi, maka membersihkan telinga kucing secara teratur akan lebih direkomendasikan. Selain digunakan dalam cara membersihkan telinga kucing yang kotor, kamu juga bisa tahu jika ada yang tidak beres pada telinga kucing kamu.