Komputer

Mengapa Pasar Outsourcing IT Bisa Berkembang?

Pasar outsourcing IT saat ini sedang booming. Faktanya, pasar layanan outsourcing IT ini secara global bernilai $ 154 miliar pada tahun 2016 dan diperkirakan akan tumbuh 15% setiap tahun selama lima tahun ke depan. Banyaknya lowongan kerja IT untuk kebutuhan outsourcing ini memang sudah terlihat dengan jelas.

Artikel ini akan mengeksplorasi tiga alasan mengapa industri ini berkembang begitu cepat yaitu karena kebutuhan akan spesialisasi, karena meningkatnya permintaan akan tenaga kerja sementara dan karena demografi tenaga kerja yang berubah.

Kebutuhan akan spesialisasi

Di era otomatisasi dan inovasi ini, perusahaan menemukan bahwa mereka terkadang tidak dapat mengikuti laju perubahan teknologi itu sendiri. Hal ini terutama berlaku di industri IT di mana setiap hari membawa kemajuan teknologi baru dan pembaruan dari teknologi yang ada. Akibatnya, perusahaan membutuhkan mitra berupa profesional dari organisasi lain atau bahkan pekerja lepas yang berspesialisasi dalam bidang tertentu. Mitra ini, sering disebut kontraktor outsourcing IT, mengelola dan memelihara sistem yang ada sambil juga menerapkan teknologi baru.

Meningkatnya permintaan tenaga kerja sementara

Peningkatan permintaan untuk tenaga kerja sementara memang tidak dapat dihindari. Sekarang lebih hemat dari sisi biaya untuk melakukan outsourcing pekerjaan daripada mempekerjakan karyawan jangka panjang. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mempekerjakan lebih banyak pekerja khusus untuk proyek jangka pendek dan kemudian memberhentikan mereka begitu proyek berakhir. Selain itu, hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola tenaga kerja sementara mereka dengan lebih baik dengan menambah atau mengurangi jumlah kontraktor berdasarkan proyek mereka saat ini.

Ini adalah salah satu alasan tambahan mengapa pasar outsourcing IT terus tumbuh karena organisasi dapat dengan cepat meningkatkan atau menurunkan berdasarkan permintaan pasar saat ini.

Demografi tenaga kerja yang berubah

Pasar outsourcing IT telah berkembang sebagian besar karena perubahan demografi tenaga kerja. Di tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar profesional teknologi bekerja langsung untuk satu perusahaan. Sayangnya, pendekatan ini tidak lagi menjadi pilihan karena banyak perusahaan menyadari bahwa mereka tidak memiliki sumber daya internal yang cukup untuk memberikan dukungan dan mengelola teknologi baru. Hal ini mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan pekerja khusus yang dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Karena industri jasa outsourcing IT sangat besar, ini memberikan peluang besar untuk memenuhi kebutuhan ini dengan menyediakan pekerja terampil secara sementara. Seperti disebutkan di atas, ini memudahkan organisasi untuk dengan cepat merekrut dan memberhentikan staf sementara berdasarkan kebutuhan saat ini.

Salah satu cara terbaik untuk memenuhi permintaan ini adalah dengan menciptakan kemitraan strategis dengan organisasi lain yang berspesialisasi dalam layanan outsourcing IT. Ini akan memungkinkan Anda untuk menciptakan tenaga kerja yang berpengalaman dan terampil tanpa harus merekrut karyawan baru untuk setiap proyek.