Kesehatan

Kegunaan Amlodipin 5 mg

Amlodipine 5 mg merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Amlodipine 5 mg tersedia dalam bentuk tablet. Efek samping yang paling umum  dari obat ini adalah sakit kepala, pusing, dan kelelahan.

Amlodipine 5 mg diminum secara oral dan biasanya diresepkan oleh dokter bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau kondisi jantung lainnya. Untuk minum obat ini, Anda harus terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda tentang kondisi medis apa pun yang mungkin Anda miliki serta obat apa pun yang saat ini Anda gunakan. Anda juga harus memberi tahu dokter Anda jika Anda merokok karena dapat berinteraksi buruk dengan obat. Beberapa orang menemukan bahwa gejala mereka memburuk ketika mereka mulai menggunakan Amlodipine 5 mg sementara yang lain merasa lega dari gejala mereka. Penting untuk dicatat bahwa obat ini tidak boleh dicampur dengan nitrat.

Midodrine dan isosorbide dinitrat juga dapat meningkatkan efek samping Amlodipine 5 mg, seperti sakit kepala dan pusing. Jika Anda mengonsumsi obat tekanan darah tinggi lainnya, penting untuk memberi tahu dokter Anda apa obat itu. Efek samping yang paling umum dari Amlodipine 5 mg adalah sakit kepala, pusing, dan kelelahan. Jika Anda mengalami gejala lain seperti penglihatan kabur atau bicara tidak jelas, Anda harus segera memberi tahu dokter Anda karena itu bisa menjadi tanda-tanda stroke.

Penting untuk meminum obat ini persis seperti yang diperintahkan dokter Anda untuk menghindari kemungkinan efek samping. Untuk mencegah pusing sebaiknya Anda duduk atau berdiri perlahan dan hindari mengkonsumsi obat ini dengan kafein dalam jumlah besar. Bagi mereka yang menderita diabetes, penting untuk memantau kadar gula darah Anda lebih sering karena diabetes dapat mempengaruhi cara kerja Amlodipine 5 mg dalam tubuh Anda.

Amlodipine 5 mg kadang-kadang diresepkan untuk orang yang mengalami nyeri dada, detak jantung tidak teratur, atau gagal jantung kongestif. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh cedera pada sumsum tulang belakang. Jika Anda minum obat ini dan kemudian hamil, itu bisa menyebabkan kerusakan pada janin Anda. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda jika Anda hamil atau berencana hamil saat menggunakan obat ini.

Tekanan darah rendah dapat terjadi jika obat ini dikonsumsi dengan inhibitor monoamine oksidase, jadi pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelumnya jika Anda sedang menggunakan obat ini. Obat ini dapat berinteraksi negatif dengan alkohol dan penting untuk tidak minum alkohol apapun saat mengkonsumsi Amlodipine 5 mg. Umumnya, ketika obat ini dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadapnya. Jika Anda memiliki reaksi atau efek samping yang tidak biasa saat minum obat ini, beri tahu dokter Anda segera sehingga Anda dapat dipantau secara ketat dan masalahnya dapat diatasi sesegera mungkin.

Amlodipine banyak dijual di pasaran termasuk di apotek terdekat Anda. Obat ini biasa dijual dengan harga Amlodipine 5 mg Dexa kisaran 2.500 rupiah sampai 10.000 rupiah untuk per lembarnya (10 tablet).