manfaat dari temu ireng
Kesehatan

Jangan Ragu! Minum Ramuan Temu Ireng Karena Alasan Ini

Ada sangat banyak jenis rempah dan tanaman obat yang dapat Anda temukan dalam pengobatan tradisional Nusantara. Di antaranya adalah tanaman rimpang temu ireng. Apa sebenarnya manfaat dari temu ireng ini?

 

Seperti Apa bentuk Temu Ireng?

Untuk Anda yang tidak cukup mengenal jejamuan temu ireng. Anda mungkin perlu membaca dulu gambaran berikut soal bentuk dan ciri ciri dari tanaman temu ireng. Meski dinamai ireng yang merupakan bahasa jawa dari kata item. Sebenarnya temu ireng tidak hitam seperti yang Anda bayangkan.

Tanaman yang banyak tumbuh di Asia Tenggara hingga Asia Selatan ini bernama latin Curcuma aeruginosa. Temu ireng masih relatif berkerabat dekat dengan temulawak. Anda bisa melihat kesamaan dari bentuk rimpang dan bentuk daunnya.

yang cukup membedakan antara temulawak dan temu ireng adalah daging rimpangnya. Karena daging rimpang temu ireng tidak kekuningan sebagaimana temulawak, melainkan pucat namun dengan tanda gelap yang melingkar. Rimpang temu ireng juga berkerumun sebagaimana Anda jumpai pada tanaman temulawak.

Selain itu, temu ireng dikenal dengan rasa pahitnya yang kuat. Bagi sebagian orang rasa pahit ini sedikit sulit hilang. Namun sesungguhnya, rasa pahit inilah yang justru menunjukan kekayaan khasiat dari temu ireng.

Dalam temu ireng sendiri ditemukan sejumlah kandungan antioksidan dan mineral seperti renmin, alkaloid, kurkuminoid, cordione, germakrene, saponin dan beberapa senyawa lain. Dalam temu ireng juga ditemukan sejumlah jenis mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

manfaat dari temu ireng

Manfaat dari Temu Ireng

merujuk dari kandungan nutrisi yang dijelaskan di atas, Anda dapat melihat gambaran bagaimana tanaman temu ireng kaya akan khasiat. Manfaat dari temu ireng ini antara lain adalah sebagai berikut.

Sebagai obat cacing alami

Secara tradisional temu ireng lazim dimanfaatkan sebagai obat cacing alami. Ini biasa diberikan pada anak yang diduga cacingan. Secara ilmiah pun terbukti kandungan renmin dan sesquiterpenes dalam temu ireng memiliki efek mematikan parasit termasuk cacing.

Memperbaiki nafsu makan

Biasanya anak dengan keluhan cacingan akan cenderung tidak doyan makan. Sehingga terapi obat cacing dengan temu ireng dianggap juga efektif untuk memperbaiki selera makan. Manfaat dari temu ireng ini juga dapat dikaitkan dengan kandungan curcuminoid di dalamnya.

Mengatasi wasir

Secara tradisional terapi dengan ramuan berbahan utama temu ireng juga membantu mengatasi wasir. Ini akan efektif membantu meringankan pembengkakan dan meredakan nyeri serta pendarahan yang kerap mengiringi kondisi wasir.

Baik untuk kandungan

Manfaat dari temu ireng lain adalah sebagai terapi kesehatan kandungan. Terapi ini akan membantu melancarkan haid, meredakan rasa nyeri dan kram saat haid, mengatasi gumpalan darah yang mengendap pada kandungan serta membantu meningkatkan kesuburan. Jamu temu ireng juga lazim diberikan pada wanita pasca persalinan untuk membersihkan rahim.

Merawat kesehatan kulit

Mengkonsumsi jamu temu ireng akan sangat baik untuk membantu merawat kesehatan kulit dari dalam. Ini baik untuk mencerahkan kulit, memperbaiki tekstur kulit dan mengatasi jerawat. Terapi kompres dengan temu ireng alus juga bisa bekerja untuk atasi infeksi jamur dan luka iritasi.

Mengatasi dahak pada tenggorokan

Bila Anda merasa batuk dan terasa dahak kental mengendap di tenggorokan. Jamu dengan bahan utama temu ireng ini bisa membantu. Karena temu ireng akan memberi efek mencairkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.

 

Itulah sedikit dari manfaat herbal rimpang temu ireng. Temukan lebih banyak manfaat dari temu ireng dan banyak jenis herbal lainnya dalam laman herbal deherba.com.