Internet

Tips dan Cara Dalam Menggunakan Internet yang Aman

Sudah lama berlalu sejak semua aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah harus dilakukan di dalam rumah. Semuanya mulai dari bekerja, belajar bahkan sampai bermain. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk menekan tingkat penyebaran COVID-19. Agar tidak terlalu banyak orang yang terinfeksi, menjaga jarak fisik tetap diprioritaskan dan harus dilakukan bukan?

Lantas, bagaimana kabar guru yang masih harus menerapkan pendidikan jarak jauh? Apakah Anda sudah terbiasa? Semoga koneksi internet dapat membuat segalanya lebih nyaman bagi Anda setelah menggunakan layanan best internet provider! Tapi jangan lupa juga untuk selalu waspada tentang ancaman keamanan informasi seperti serangan phishing yang dapat dengan mudah mengelabui seseorang agar mengungkapkan detail akun pribadi secara online.

Berikut tips dari UNICEF Indonesia berselancar di internet dengan aman.

1. Jangan menyebarkan informasi rumor

Ada banyak informasi di internet, mulai dari yang berguna hingga yang merusak. Jadi mintalah siswa menghindari menyebarkan desas-desus seperti cerita atau foto yang dapat menyakiti orang, menyinggung perasaan mereka, membuat tuduhan palsu terhadap mereka, atau mempermalukan mereka. Mungkin mereka pikir itu semua menyenangkan, tetapi itu benar-benar dapat menyakiti orang lain. Lebih buruk lagi, jika mereka tidak berhati-hati, sesuatu yang buruk bisa terjadi pada orang yang menyebarkan rumor tersebut. Tidak ada gunanya berbohong.

2. Tidak sembarang menerima permintaan pertemanan

Siapa yang tidak suka mendapatkan permintaan pertemanan baru di media sosial? Sebagai salah satu bentuk keberadaan di dunia maya, siswa pasti akan senang menerimanya. Namun, sebagai guru Anda dapat memberikan saran agar siswa dapat terbiasa memeriksa profil teman baru. Ini sangat penting karena ada banyak orang yang berpura-pura menjadi orang lain karena niat jahat. Misalnya, mencuri foto. Mungkin sulit pada awalnya untuk mengetahui apakah seseorang jujur atau tidak. Tetapi jika itu tidak terlalu penting dan itu tidak mempengaruhi kehidupan siswa, mintalah dia untuk mengabaikannya.

3. Verifikasi berita sebelum dibagikan

Sudah menjadi praktik umum untuk berbagi informasi menarik dengan publik segera setelah kami menerimanya. Ini terutama berlaku untuk anak-anak, yang mungkin tidak dapat mengetahui apakah konten yang kami bagikan baik, terverifikasi, atau relevan dengan orang-orang yang berbagi dengan kami. Karena itu, penting untuk memilah apa yang baik dan buruk. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menyarankan agar siswa mengatur akun media sosial mereka menjadi pribadi sehingga siapapun tidak dapat berbagi sesuatu dengan mereka.

Ini kira-kira yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan internet. Bagi teman-teman kita yang merupakan guru, pesan ini harus selalu disampaikan kepada siswa Anda; selama waktu kelas atau ketika mereka bertanya kepada Anda secara pribadi. Momen seperti ini memberikan kesempatan bagi kami para pendidik untuk menyampaikan jenis informasi penting ini–informasi tentang bagaimana tetap aman saat online

4. Pikirkan dahulu sebelum mengirim sesuatu

Sebelum mengirimkan sesuatu, ingatkan para siswa untuk berhati-hati, terutama ketika mereka sedang dalam suasana hati yang buruk. Karena jika pesan terkirim dan merugikan orang lain, misalnya di kolom komentar, foto atau video, bisa jadi sangat sulit untuk mengontrol hal yang akan terjadi selanjutnya. Jika Anda sudah melakukannya, mungkin tidak mungkin untuk menghapusnya. Selain itu, bisa dibaca oleh orang lain dan diambil tangkapan layar dari apa yang dibagikan tersebut.

Kemudian mintalah dia untuk memikirkan dengan hati-hati tentang sesuatu yang Anda bagikan. Jangan membagikan informasi pribadi seperti nomor telepon alamat apalagi data sensitif seperti data perbankan.

 

Hal-hal tersebut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat menggunakan internet. Kepada teman-teman guru saya, pesan ini penting untuk selalu berkomunikasi dengan siswa Anda. Baik selama kegiatan belajar mengajar, atau ketika siswa Anda bertanya kepada Anda secara pribadi. Momen-momen ini sangat cocok untuk memberikan informasi seperti ini. Semoga info ini bisa bermanfaat tentang cara menggunakan internet dengan aman dan nyaman.