resep sponge cake coklat
Makanan

Resep Sponge Cake Coklat dan Tips Anti Gagal

Saat ini, banyak yang mencari resep sponge cake coklat. Sponge cake mempunyai tekstur yang hampir sama dengan sponge, seperti lembut dan mempunyai pori. Rasanya yang lembut dan juga lezat ini membuatnya banyak disukai oleh orang.

Umumnya, sponge cake coklat ini dihidangkan di beberapa acara, seperti pada acara ulang tahun, rapat, arisan, perkumpulan, dan berbagai acara lainnya. Saat ini sudah banyak yang menjual sponge cake.

Namun, kamu bisa membuat sponge cake sendiri di rumah. Cara membuatnya memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Apabila cara mengolahnya keliru, maka hasilnya akan tidak memuaskan dan rasanya cenderung tidak enak.

Banyak hal yang harus diperhatikan agar menghasilkan rasa sponge cake yang berkualitas, seperti bahan yang dipakai, cara mengolah, sampai cara menghidangkan sponge cake. Kamu bisa mencari tahu trik agar sponge cake berhasil di berbagai sumber, seperti buku masak dan social media.

 

Sponge Cake Coklat

resep sponge cake coklat

Untuk membuat sponge cake coklat diawali dengan mengocok telur dan gula sampai adonannya mengembang. Selanjutnya, bahan kering seperti tepung dan yang lainnya dimasukkan ke dalam adonan tadi.

Lalu, lelehan margarin dan bahan pelengkap lainnya dimasukkan juga ke dalam adonan. Apabila adonan telah siap, selanjutnya dimasukkan ke dalam loyang yang sudah diberi baking paper atau dioles sedikit margarin dan dipanggang dalam oven sampai matang.

Karena sponge cake coklat pastinya membutuhkan coklat, kamu bisa memakai mesin coklat. Cara kerja mesin pengolah coklat yaitu dengan mengubah biji kakao menjadi coklat. Berikut ini resep sponge cake coklat yang enak dan mudah.

Resep Sponge Cake Coklat Lembut

Bahan utama yang diperlukan :

  • 80 gram tepung protein sedang
  • 20 gram tepung maizena
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 20 gram susu bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 75 gram mentega tawar leleh
  • ¼ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh garam
  • ½ sendok teh pasta cokelat
  • 8 kuning telur
  • 3 putih telur

Proses pembuatan :

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan. Siapkan wadah lalu masukkan telur, gula pasir, dan juga garam ke wadah tersebut. Kocok sampai adonan mengembang.
  2. Masukkan cokelat bubuk, tepung maizena, tepung terigu, susu bubuk, dan juga baking powder sembari diayak agar tidak bergerindil. Aduk sampai semuanya merata.
  3. Kemudian, mentega yang sudah dilelehkan dicampurkan sembari diaduk ke dalam adonan beserta pasta cokelat secara bertahap.
  4. Siapkan loyang dengan ukuran diameter 20 cm dan ukuran tinggi 7 cm. Olesi loyang tersebut dengan sedikit margarin atau dilapisi baking paper.
  5. Adonan yang tadi sudah dibuat, dituang ke dalam loyang yang sudah disiapkan.
  6. Panaskan oven yang akan dipakai untuk memanggang. Oven adonan dengan memakai api bawah serta suhu 180 derajat celcius sampai matang atau kisaran 30 menit.
  7. Jika sudah matang, keluarkan sponge cake coklat dari oven. Tunggu agar dingin selama beberapa saat.
  8. Potong sponge cake coklat menjadi 16 bagian.
  9. Sponge cake coklat siap untuk disajikan bersama keluarga.

Tips Agar Sponge Cake Bertekstur Lembut

  1. Semakin banyak memakai kuning telur, maka hasil cake akan menjadi semakin lembut. Menambahkan tepung maizena juga bisa membuat cake menjadi elastis. Perbandingan pemakaian tepung maizena dengan tepung terigu adalah 1:4.
  2. Perhatikan suhu agar sponge cake bertekstur lembut dan enak. Sesuaikan suhu dengan tinggi loyang. Apabila tinggi loyang 7 cm, berarti bisa memakai suhu 180 derajat celcius. jika tinggi loyang hanya 3 cm, berarti cukup memakai suhu 19 derajat celcius.
  3. Waktu untuk memanggang cake jangan terlalu lama dan juga harus disesuaikan dengan tinggi loyang. Loyang yang tingginya 7 cm bisa dipanggang dalam waktu kisaran 35 sampai 40 menit. Untuk loyang yang lebih pendek atau ukuran 3 cm hanya butuh waktu kisaran 20 sampai 25 menit saja.