Makanan

Cara Membuat Nugget Daging Sapi untuk Santapan di Rumah

Cara membuat nugget daging sapi jika kamu sudah tau alur pembuatannya pasti bisa dengan mudah dan cepat jadinya. Dalam pembuatannya kamu juga harus memperhatikan semua kualitas dari alat dan bahan yang digunakan. Karena dengan menggunakan alat serta bahan yang berkualitas juga bisa mempengaruhi kualitas dari hasil nugget yang dibuat.

Nugget ini merupakan salah satu olahan dari daging yang dibuat untuk masakan siap saji. Biasanya para konsumen mengkonsumsi dan akhirnya membeli atau membuat stok nugget ini karena orang tersebut tidak mau ribet, dan ingin mempersingkat waktu dalam persiapan untuk makannya.

Nugget memang dikenal dengan olahan daging yang praktis, karena untuk mengkonsumsinya kamu tinggal menggorengnya saja. Bagi kamu yang mau tau dan mungkin mau mencoba membuat nugget daging sapi kamu bisa menyimak artikel ini terus ya! Disini kita akan membahas seputar cara membuat nugget daging sapi. Silahkan disimak!

 

Nugget Daging Sapi

Seperti apa yang tadi sudah disinggung mengenai pengertian dari nugget, jadi nugget ini memang merupakan salah satu produk olahan daging sapi yang proses pembuatannya dengan cara digiling. Dalam tahapan pembuatannya juga kamu perlu menambahkan bumbu supaya rasanya bisa semakin enak dan gurih.

Bahan utama pada pembuatan nugget sebenarnya sangat beragam dan tidak hanya daging sapi saja, seperti daging ayam dan ikan. Namun karena topik utama kita kali ini adalah nugget daging sapi jadi kita akan lebih banyak membahas mengenai nugget daging sapi.

Dalam pemasarannya nugget ini termasuk kedalam jenis makanan siap saji atau yang biasa lebih dikenal saat ini yaitu junk food. Dan untuk memasarkannya supaya nugget daging sapi ini bisa tahan lama biasanya para produsen menggunakan bantuan mesin vacuum sealer, supaya nugget tidak memiliki banyak ruang udara yang bisa menyebabkan nugget basi atau berjamur.

 

Cara Membuat Nugget Daging Sapi

Jika tadi kita sudah membahas mengenai pengertian dari nugget daging sapi serta pemasarannya. Sekarang kita akan sama sama membahas mengenai cara pembuatannya. Untuk cara kali ini jika kamu memang ingin ikut mencobanya juga bisa diikuti dirumah ya!

Bahan-Bahan :

  • 500 gram daging sapi yang telah digiling
  • 2 butir telur
  • 2 buah wortel yang telah diparut
  • ½ sdt lada bubuk
  • ¼ sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sdt penyedap rasa
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Bahan Baluran :

  • 1 butir telur yang telah dikocok
  • Tepung panir secukupnya

Cara Membuat :

  1. Cara pertama tentu saja kamu harus menyiapkan semua bahan dan juga alat yang akan digunakan untuk membuat nugget daging sapi.
  2. Setelah sudah dipastikan siap kamu bisa langsung mencampurkan daging sapi yang sudah digiling dengan bumbu halus, tepun terigu, telur, wortel, garam, gula penyedap rasa serta lada bubuk di satu tempat atau wadah yang besar.
  3. Selanjutnya bisa kamu mengaduknya sampai semua bahan bisa tercampur secara merata. Jika sudah rata dan membentuk adonan, kamu bisa mencicipi rasanya terlebih dahulu. Yang mana jika ada suatu kurang kamu bisa langsung menambahkan, dan jika sekiranya cukup kamu bisa lanjut ke cara selanjutnya.
  4. Kemudian tuang adonan nugget pada wadah atau loyang yang kemudian kamu bisa meratakan permukaannya.
  5. Jika sudah dianggap rata, kamu bisa mulai mengkukus adonan nuggetnya selama 30 menit atau setidaknya sampai matang.
  6. Setelah matang, kamu bisa mengangkatnya dan kemudian bisa ditiriskan. Tunggu sampai adonan dingin.
  7. Selanjutnya saat adonan sudah dingin kamu bisa langsung memotongnya sesuai dengan bentuk nugget keinginanmu sampai adonan habis.
  8. Ketika sudah terbentuk, kamu bisa melumuri adonan dengan telur kocok yang sudah disiapkan pada bahan baluran dan kemudian kamu bisa langsung membalurinya dengan tepung panir sampai semua adonan nugget tertutup rata. Kamu bisa membalurinya satu persatu sampai seluruh adonan habis.
  9. Kemudian jika sudah semuanya terbaluri, kamu bisa menyimpannya ke dalam freezer selama 2 jam. Dan jika kamu ingin membuat nugget untuk dipasarkan setelah di freezer ini kamu bisa langsung menyusunnya ke dalam plastik dan kemudian dikemas dengan bantuan hand sealer.
  10. Jika kamu membuat nugget ini untuk konsumsi pribadi, setelah 2 jam tadi kamu bisa mengeluarkan adonan. Kemudian kamu bisa menggorengnya dengan menggunakan api sedang sampai setidaknya nugget sudah berwarna coklat keemasan. Selanjutnya kamu bisa mengangkatnya dan ditiriskan.
  11. Setelah itu nugget bisa langsung kamu sajikan.

Cara membuat nugget daging sapi ini sebenarnya menggunakan cara dan step yang sama ketika kamu akan membuat nugget dengan daging yang lain. Pembuatan nugget ini juga bisa kamu pasarkan, supaya hasil olahan tanganmu bisa menghasilkan pundi pundi rupiah. Namun dalam hal ini kamu juga perlu memikirkannya lebih lanjut.

 

Penutup

Nugget bukanlah makanan musiman, namun nugget bisa dijadikan penolong saat kamu kelaparan karena masaknya yang praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!