Pengertian blog
Teknologi

Pengertian Blog : Manfaat dan Jenis-jenisnya

Apa itu blog? Tidak banyak yang mengenal jenis situs website satu ini. Merupakan sebuah platform familiar dimana para penulis berkumpul untuk saling berbagi pandangan mereka mengenai subjek individu. Yuk simak uraian berikut untuk lebih detailnya.

 

Pengertian Blog

Website majapahit.id menyebutkan bahwa blog merupakan kependekan dari “weblog” yang berarti sebuah jurnal online yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbaru, dimana postingan atau konten yang terupdate selalu muncul terlebih dahulu.

Selain itu, blog juga bisa diartikan sebagai wadah untuk menyalurkan informasi berupa konten seperti opini, analisis, dan jenis data online lainnya ke dunia maya dengan sangat luas dan juga berkesinambungan.

Pengertian blog

Kepopuleran Blog

Pada awal munculnya blog di Indonesia perkembangannya begitu pesat. Saat itu blog banyak digunakan oleh perorangan dengan minat yang sama.

Berkat popularitasnya, sebagian besar warganet terjun ke dunia blogging dengan berbagai tujuan yang berbeda.

Namun, seiring kemajuan teknologi, blog kini tak hanya digunakan oleh individu saja. Akan tetapi sudah banyak digunakan oleh banyak media skala besar menjadikan blog sebagai media promosi.

 

Manfaat Blog

Ada banyak sekali manfaat blog yang dirasakan oleh banyak orang. Diantara kegunaan blog yang perlu Anda tahu ialah dapat meningkatkan kemampuan menulis, mendapatkan penghasilan, sebagai media pribadi, sebagai media untuk berbisnis, untuk berbagi informasi, sarana promosi dan lain sebagainya.

 

Jenis Blog

Setelah mengetahui apa itu blog, kini masuk kedalam pembahasan jenis blog. Umumnya, blog terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu blog pribadi dan blog niche.

Blog pribadi biasanya memuat opini pribadi. Sementara blog niche dibuat dengan mengangkat topik tertentu yang memiliki tujuan untuk menghasilkan uang.

 

Pengertian Blogging

Apa itu blogging? Merupakan sebuah istilah yang makna nya adalah kegiatan mengelola blog itu sendiri. Blogging menjadi salah satu wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif baru yang dapat menghasilkan rupiah.

 

Kesimpulan

Demikianlah ulasan singkat tentang apa itu blog, manfaat, perkembangan dan jenis-jenisnya.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda seputar dunia blogging ya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat!