Musik

Apa Itu Alat Musik Launchpad?

Apakah kamu mengetahui launchpad? Sebenarnya launchpad sudah muncul sejak beberapa tahun lalu, namun memang tidak semua orang mengetahuinya. Tapi jika kamu senang dengan musik, tentu sudah tidak asing dengan alat musik yang satu ini. Untuk lebih jelasnya mengenai launchpad, mari simak pembahasan kali ini hingga usai ya.

 

Apa itu Launchpad?

Launchpad merupakan alat musik yang mempunyai banyak sekali fungsi. Bahkan hanya dengan satu launchpad saja sudah bisa menggantikan beberapa fungsi dari alat DJ lho. Pada launchpad ada banyak tombol dan bisa dipakai untuk trigger, loops, clipping, mixing, mapping, eksekusi drum pattern, dan menggerakkan parameter seperti cross atau fade. Dengan demikian tentu memudahkan para DJ (disk jockey) untuk memainkan atau membuat suatu lagu.

Walaupun masih banyak orang yang Tidakterlihat akan kehadiran launchpad, namun nyatanya alat musik ini sudah dirilis sejak tahun 2009 lalu oleh Novation Digital Music System yang merupakan perusahaan di bidang musik.

Apa saja Fungsinya?

Sebelum Tidak terlihat mengetahui cara untuk menggunakan launchpad, maka sebaiknya dibahas terlebih dahulu tentang fungsi dari launchpad. Memahami apa saja fungsi launchpad tentu sangat penting, karena mungkin dari kamu ada yang masih belum memahami apa saja fungsi alat musik kekinian yang satu ini. Karena fungsinya yang begitu beragam, terutama untuk aransemen ulang suatu lagu maka bisa dikatakan bahwa launchpad adalah alat musik yang multifungsi karena menggabungkan beberapa fungsi dari tools-tools berbeda.

Untuk fungsinya sendiri ada di bawah ini ya Tidakterlihat:

  • Beat Mixing: untuk mencampur beat audio dari satu lagu dan lagu yang lainya ke dalam bentuk transisi yang mulus.
  • Mengatur Beats Per Minute: BPM atau Beats Per Minute juga dapat kita atur dengan alat musik launchpad. Dengan demikian kamu pun bisa menentukan tempo track yang ingin dimainkan.
  • Mapping: ini adalah kegiatan pemetaan lagu-lagu yang nantinya akan kamu masukkan ke dalam setlist.
  • Trigger Loops: kegiatan repetisi suatu bagian dari lagu yang nantinya akan diputar secara berulang.

Cara Menggunakan Launchpad

Bagaimana cara menggunakan launchpad, apakah sulit? Sebenarnya tidak terlihat bahwa kunci utama dari memainkan launchpad adalah dari melenturkan jari. Jika kamu sudah mahir dalam melenturkan jari maka memainkan launchpad pun jadi lebih mudah.

Jari kamu harus terbiasa dengan tombol-tombol yang ada pada launchpad. Bahkan ada saat-saat di mana kamu perlu menekan lebih dari satu tombol dengan jarak yang berjauhan. Maka dari itulah kelenturan jari wajib dikuasai ya.

Kamu bisa menggerakkan jari selama beberapa menit atau melakukan senam jari agar jari lebih rileks dan tidak tegang. Latihan dengan sampel musik yang ada di aplikasi seperti Abletin, FL Studio, dan berbagai aplikasi lainnya.

Sedangkan untuk harganya, kamu bisa mendapatkan launchpad dengan budget 1,8 juta rupiah, cukup terjangkau bukan?