Agama

Adab Membaca Al Quran dengan Suara

Sebagai orang muslim apakah kamu sudah mengerti mengenai bagaimana adab membaca Al Quran dengan suara? Dalam hal ini Allah SWT telah berfirman dalam surat Al Ankabut ayat 45, memerintahkan umat Islam membaca Al Quran. Melalui Nabi Muhammad SAW, Al Quran menjadi petunjuk dan pengingat kepada Allah SWT.

Bacalah Al Quran yang telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya dengan shalat kita dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Perlu kamu ketahui bahwa dengan mengingat Allah (shalat dan membaca Al Quran) lebih besar keutamaannya diri ibadah lainnya. Lihat Juga: Berapa biaya les privat sd per bulan?

Al Quran sebagai kitab suci yang sempurna dan istimewa, tuntunya ada adab membaca Al Quran dengan suara. Lantas seperti apa adab dalam membaca Al Quran untuk umat Islam?

Adab Membaca Al Quran Dalam Ajaran Islam

Pada saat membaca Al Quran, ada adab yang harus kamu ketahui agar mendapatkan pahala dan manfaatnya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan menganai beberapa adab membaca Al Quran yang perlu diketahui umat Islam.

Salah satu adab membaca Al Quran yaitu dengan bersuara merdu. Selebihnya bisa simak ulasannya berikut ini :

1.  Berwudhu

Allah SWT sangat suka dengan kebersihan, sebagai kitab suci maka sebelum membaca dianjurkan umat Islam untuk bersuci (wudhu). Dalam hal ini, anjuran untuk berwudhu sebelum menyentuh dan membaca Al Quran sudah tercantum pada surat Al Waqiah.

إِنَّهُۥ لَقُرْءَانٌ كَرِيمٌ. فِى كِتَٰبٍ مَّكْنُونٍ. لَّا يَمَسُّهُۥٓ إِلَّا ٱلْمُطَهَّرُونَ

Sebagai kitab suci yang sempurna, kita sebagai umat muslim harus bersuci dahulu sebelum menyentuh Al Quran. Jadi sudah sangat jelas bahwa sebelum menyentuh dan membaca Al Quran, dianjurkan setiap muslim untuk berwudhu.

2.  Berlindung dari Godaan Setan Terkutuk

Setiap muslim saat membaca Al Quran harus minta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan. Hal ini kamu bisa melakukannya dengan membaca Ta’awudz.

3.  Membaca Al Quran Secara Perlahan Lahan

Allah SWT sudah mengingatkan kepada seluruh umatnya untuk membaca Al Quran secara perlahan. Hal ini sudah dijelaskan dalam Al Quran surat Al Muzzammil ayat 4.

اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ

Pada ayat Al Muzzammil ini kita dianjurkan untuk membaca Al Quran secara perlahan-lahan.

4.  Tidak Mengeraskan Suara

Adab membaca Al Quran dengan suara lebih baik dilakukan dengan tidak mengeraskan suara. Membaca Al Quran itu berarti sebuah bentuk ibadah kepada Allah SWT. Seperti yang sudah dijelaskan pada Al Quran surat Al Araf : 205

وَاذْكُرْ رَّبَّكَ فِيْ نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَّخِيْفَةً وَّدُوْنَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْاٰصَالِ وَلَا تَكُنْ مِّنَ الْغٰفِلِيْنَ

Pada surat Al Araf dijelaskan untuk selalu mengingat Allah dengan rasa takut dan rendah hati. Tidak mengeraskan suara saat membaca Al Quran di waktu pagi dan petang. Sesuai petunjuk, jelas bahwa adab saat membaca Al Quran yaitu dengan tidak mengeraskan suara.

5.  Tidak Tergesa-Gesa

Selain tidak mengeraskan suara, pada saat membaca Al Quran kamu jangan sampai membaca secara tergesa-gesa. Pada surat Taha :114 berisi tentang perintah untuk tidak tergesa-gesa saat membaca Al Quran.

Pada saat membaca Al Quran, kamu juga perlu memelihara tajwid, agar bacaan Al Quran akan lebih jelas panjang pendeknya, kapan berhenti dan disambung sesuai bunyi huruf.

 

Demikianlah penjelasan mengenai Adab membaca Al Quran dengan suara. Membaca Al Quran haruslah secara perlahan atau dengan tartil dan tidak tergesa-gesa agar terdengar tajwid dan makhraj-nya. Nah, dengan demikian kamu akan merasakan ketenangan saat membaca Al Quran.

Daftar referensi: https://cendekiaprivat.com