Tips

6 Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Bagi beberapa orang, wawancara kerja bisa menjadi sebuah pengalaman yang menakutkan dan menegangkan. Apalagi untuk mereka yang baru pertama kali melakukan wawancara ini. Perasaan tertekan dan gugup pastinya menjadi faktor utama sebelum sesi wawancara dimulai hingga saat dilakukan.

Namun, tenang, untuk anda yang baru melakukan wawancara kerja pertamamu dan menghadapi semua ketakutan anda, simak 6 tips wawancara kerja berikut ini agar anda bisa mendapatkan hati HRD perusahaan yang anda tuju.

Pelajari Profil Diri Anda

Sebelum bertemu orang lain untuk sebuah sesi wawancara, salah satu hal yang wajib anda persiapkan adalah mempersiapkan diri anda sendiri. Caranya adalah dengan mempelajari profil diri sendiri. Baca kembali Curriculum Vitae yang sudah anda buat, apakah sudah benar menggambarkan keseluruhan diri anda?

Selain itu, pelajari juga kemampuan lainnya, hobi, karakter, kelebihan dan kekurangan diri anda yang mungkin tidak anda masukkan ke CV anda. Dengan mempelajari semua hal itu, anda akan lebih siap ketika menjawab pertanyaan yang diberikan oleh HRD perusahaan impian anda.

Pelajari Profil Perusahaan

Setelah mempersiapkan diri dengan mempelajari diri anda sendiri, hal selanjutnya adalah mengenal perusahaan impian anda dengan lebih baik. Anda bisa membuka website, booklet, mempelajari produk atau jasa yang mereka jual, hingga testimoni konsumen serta review dari mantan karyawan mereka. Dengan begitu anda akan menjadi lebih paham visi misi perusahaan, latar belakang perusahaan, dan perusahaan seperti apa yang akan anda masuki itu. Pahami juga job description di posisi yang anda lamar.

Buat Diri Anda Nyaman dan Percaya Diri

Hal berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah membuat diri anda lebih percaya diri dan nyaman. Untuk memunculkan dua hal ini dari dalam diri anda, berkacalah setiap hari sebelum hari-H wawancara dan ucapkan kata-kata afirmasi bahwa wawancara anda akan berjalan dengan baik dan anda akan memenangkan wawancara tersebut.

Selain itu, persiapkan pakaian dari atas hingga ujung kaki yang akan anda gunakan sebaik mungkin. Jangan sampai salah kostum atau baju yang anda gunakan ada kecacatan seperti ada yang robek atau luntur misalnya. Selain itu perbanyak berdoa agar rasa percaya diri anda semakin tinggi dan merasa lebih nyaman saat wawancara. 

Hati-hati Saat Menjawab Pertanyaan yang Menjebak

Saat melakukan wawancara, sudah menjadi rahasia umum jika HRD seringkali melontarkan pertanyaan yang berisi jebakan dan anda harus bisa mengatasinya dengan menjawab secara bijak.

Berikut 2 pertanyaan jebakan yang hampir selalu ditanyakan saat wawancara kerja:

Q: Gambarkan diri anda secara general

A: Faktanya pertanyaan ini bermaksud untuk mengulik karakter asli anda. Agar karakter anda terkesan menarik berikut 3 hal yang harus anda jabarkan sesuai dengan posisi yang anda lamar yaitu dengan menggambarkan karakter anda dengan 3 kata-kata positif dan pastikan ketiga karakter tersebut memang anda miliki.

Q: Jelaskan perusahaan ini sesuai pengetahuan anda

A: Ini adalah pertanyaan yang cukup penting agar HRD bisa menilai sejauh apa anda memahami visis misi perusahaan mereka. Gambarkan perusahaan mereka dengan menonjolkan sisi-sisi positif mereka, jangan pernah membandingkan perusahaan mereka dengan lainnya, dan jelaskan bahwa perusahaan mereka memiliki hal menarik yang membuat anda ingin bergabung.

Beberapa Hal Kecil Lainnya yang Harus Anda Perhatikan

Selain mempersiapkan hal-hal yang disebutkan diatas, ada beberapa hal kecil yang perlu anda perhatikan, diantaranya adalah:

  • Perhatikan bahasa tubuh anda
  • Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih
  • Gunakan selalu kata-kata positif
  • Jangan sampai membanding-bandingkan atau membongkar aib perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya.   

Latihan

Practice makes perfect. Hal ini juga berlaku untuk mempersiapkan wawancara kerja. Sebelum hari H wawancara kerja, anda bisa berlatih menggunakan cermin untuk latihan berbicara dan mengatur gesture yang baik dan benar.

Itu dia beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Jika ingin mengetahui info lainnya seputar interview kerja anda dapat mengunjungi TambahPinter.com. Semoga berhasil.