Cara Membuat Minyak Atsiri Lemon
Tips

Tutorial Cara Membuat Minyak Atsiri Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang sering kita jumpai dan digunakan untuk penyegar alami. Lemon sendiri berwarna kuning, katanya sih buah yang berwarna kuning itu mengandung banyak vit C. Lemon tidak hanya bisa dikonsumsi langsung begitu saja namun dapat diolah dulu kemudian dijadikan minyak. 

Tentunya dalam membuat minyak lemon pasti diperlukan cara dan perlakuan khusus agar berhasil. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai cara membuat minyak atsiri lemon. Namun sebelum saya menjelaskan cara membuat minyak atsiri lemon, saya ingin mengulas sedikit tentang minyak atsiri lemon 

Minyak Atsiri Lemon 

Cara Membuat Minyak Atsiri Lemon

Minyak atsiri atau dikenal dengan sebutan lain essential oil lemon adalah minyak yang diperoleh dari hasil ekstraksi dari suatu tumbuh-tumbuhan salah satu contoh yang akan kita bahas adalah lemon. 

Ekstraksi sendiri ialah proses pemisahan campuran berdasarkan perbedaan larutanya. Nah salah satu hasil dari ekstraksi adalah minyak. 

Agar bisa memperoleh minyak atsiri yang bagus dan berkualitas unggul, diperlukan teknik khusus dalam pengerjaanya. Berikut ini adalah tutorial cara membuat minyak atsiri lemon, harap perhatikan baik-baik ya.

Bahan-Bahan 

  • 1 buah Lemon 

Cara Membuat

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan ketika akan membuat minyak atsiri lemon adalah cuci bersih lemon menggunakan air mengalir. Sobat bisa menggunakan spons untuk menggosok-gosok bagian luar kulit lemon agar lebih bersih.
  2. Keringkan lemon yang sudah dicuci bersih tadi menggunakan tisu. Tujuanya adalah agar hasil minyaknya bagus dan tidak terdapat kandungan air dalam minyaknya.
  3. Berikutnya, kupas lemon kulit menggunakan pisau yang tajam.
  4. jika sudah kemudian blender kulit lemon.
  5. Tempatkan kulit lemon yang telah diblender ke dalam wadah kemudian tuang air secukupnya. Kemudian aduk 
  6. Selanjutnya saring air kulit lemon menggunakan saringan. Dan taruh air saringan tersebut di dalam botol kaca kecil.
  7. Berikutnya siapkan panci, tambahkan secukupnya air lalu dipanaskan menggunakan api kecil. Taruh botol kaca yang didalamnya terdapat air saringan lemon tadi di tengah-tengah panci air yang sedang dipanaskan tadi. Tunggu selama 30 menit 
  8. Setelah 30 menit, matikan api kompor lalu diamkan kembali selama 30 menit hingga dingin. 
  9. Kemudian tambahkan 3 sendok makan oil, kemudian simpan ke botol kecil kemudian tutup rapat. 
  10. Minyak lemon siap digunakan.

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari kulit lemon tersebut, berikut adalah rangkumanya 

Manfaat Kulit Lemon 

  1. Mencerahkan kulit 
  2. Menghilangkan jerawat, bekas jerawat dan komedo 
  3. Memudarkan flek hitam pada wajah dan bekas luka 
  4. Mengatasi minyak berlebih 
  5. Menyembuhkan kulit yang gatal 
  6. Mengurangi bau badan 
  7. Menjaga keseimbangan Ph 
  8. Dan juga membasmi sel kulit mati 

Itulah beberapa manfaat kulit lemon sebenarnya masih banyak lagi manfaat kulit lemon atau lemon itu sendiri, untuk manfaat lainya sobat bisa cari tau sendiri ya. 

Bila sobat akan membuat minyak atsiri dalam jumlah yang banyak bahkan kiloan. Cara tersebut kurang efektif dan efisien. Sebaiknya sobat menggunakan mesin penyulingan minyak atsiri atau alat distilasi minyak atsiri untuk memisahkan campuran. Sehingga hasil akhirnya akan diperoleh minyak atsiri 

Cara kerja mesin tersebut yaitu dengan cara dipanaskan otomatis nanti campuran tersebut akan terpisah dengan sendirinya berdasarkan titik didih. 

Sobat bisa menemukan mesin tersebut di rumah mesin. Tidak hanya itu saja, masih ada puluhan mesin-mesin produksi berkualitas lainya yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan pemakainya. 

Sekian dulu penjelasan cara membuat minyak atsiri lemon. Selamat mencobanya dan semoga berhasil!