solid surface
Rumah

Apa Itu Solid Surface? Berikut Penjelasannya!

Solid surface adalah salah satu material sintetis yang terbuat dari percampuran antara dua bahan yaitu resin dan akrilik. Pada umumnya bahan ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk lantai atau alas meja. Dan sekarang karena kualitasnya yang sangat bagus dan terbukti awet tidak mudah rusak, sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan solid surface. Tidak hanya ketahanannya saja yang awet dan tahan lama namun ternyata dengan menggunakan solid surface mampu membuat tampilan menjadi terkesan mewah dan elegan. 

Untuk yang belum pernah melihatnya, akan mengira jika solid surface itu sama dengan granit atau marmer karena memang tampilannya yang sangat mirip dan hampir sama. Namun yang membedakan adalah solid surface tersebut punya berat yang cukup ringan. Dan satu lagi yang perlu diketahui bahwa harga solid surface ternyata juga jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan marmer atau granit. Berikut ini adalah beberapa alasan yang menjadikan kenapa bahan solid surface punya harga yang cukup mahal.

1.    Epoxy 

Yang belum tahu dan kenal dengan apa itu epoxy jadi merupakan salah satu material yang biasanya sangat umum digunakan sebagai lapisan lantai. Material ini biasanya terbuat dari bahan-bahan campuran yang terdiri dari resin dan bahan pengeras. Dan karena adanya campuran kedua bahan tersebut muncul reaksi yang cukup luar biasa, yakni menjadikannya kuat, kaku dan terlihat sangat mengkilap.

solid surface

2.    Akrilik 

Sudah dijelaskan di atas bahwa solid surface adalah bahan dasarnya terbuat dari akrilik salah satunya. Seperti yang kita tahu bahwa akrilik memang material yang bentuknya sangat mirip dengan plastik dan punya sifat yang seperti kaca. Tetapi tidak seperti kaca pada umumnya, akrilik punya sifat yang elastis, ringan dan juga tidak mudah pecah pastinya. 

3.    Serbuk bauksit 

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat solid surface yang tidak kalah penting adalah serbuk bauksit. Material ini pada umumnya juga biasa digunakan untuk membuat alumunium dan amplas. Dan ternyata serbuk bauksit juga bisa digunakan untuk mengisi solid surface.

 

Di atas adalah beberapa alasan yang menjadikan kenapa bahan solid surface itu sangat mahal. Dari situ pasti banyak yang penasaran dengan apa saja sebenarnya ciri-ciri yang dimiliki oleh solid surface tadi? Jadi ada beberapa ciri-ciri solid surface yang cukup khas yakni punya permukaan yang cukup licin dan selain itu juga punya pori-pori yang cukup kecil serta bobotnya yang ringan. 

Adapun yang penasaran dengan apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh solid surface adalah bahannya mudah dibersihkan. Tidak hanya itu saja solid surface juga mudah dipasang dan terdapat banyak sekali pilihan yang beragam. Dengan begitu orang akan lebih mudah menentukan warna atau varian yang seperti apa yang cocok dengan desain hunian mereka supaya tampilannya lebih cocok dan semakin mewah.