handle pintu
Rumah

Tanpa Perlu Panggil Tukang, Inilah Tips Mudah Ganti Handle Pintu Sendiri dengan Mudah

Memiliki pintu tanpa adanya handle pintu ibarat sayur tanpa garam yang kurang sedap bahkan fungsinya tidak maksimal. Meskipun kegunaan utamanya sebagai ganggang pintu namun seiring dengan perkembangan jaman hal itu berubah. Ya, dipasaran semakin banyak pegangan pintu yang hadir dengan beragam bahan dan model. Jadi bukan hanya sebagai handle namun juga untuk mendukung estetika sebuah rumah melalui pintu. Inilah yang membuat Anda ketika akan memilih ganggang pintu tidak bisa sembarangan begitu saja.

handle pintu

Pemilihan handle yang salah pasti akan mengakibatkan berbagai masalah, mulai dari retak, patah, sampai dengan berbagai kondisi lain. Jika memang parah sudah dipastikan memerlukan penggantian item yang lebih baik. Sebelum membeli pastikan terlebih dahulu beberapa hal berikut agar mendapatkan terbaik yaitu:

1.    Perhatikan mengenai bahan yang dipilih, ini berkaitan dengan kualitas atau masa pakai.

2.    Pastikan untuk memilih model atau desain yang sesuai dengan konsep rumah.

3.    Pastikan memilih dengan ukuran yang tepat tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga seimbang dengan pintu. 

4.    Pastikan untuk memperhatikan beberapa merek yang terkenal akan kualitas sebagai rekomendasi.

5.    Perhatikan mengenai harga yang harus sesuai dengan budget Anda.

Jika sudah mendapatkan yang tepat saatnya untuk melakukan pemasangan handle, meskipun terlihat sederhana namun memerlukan waktu lama. Supaya lebih hemat Anda bisa coba untuk memasang sendiri tanpa perlu memanggil tukang. Ya, selain lebih hemat juga Anda akan lebih mengenal dan bisa menyesuaikan sesuai dengan keinginan. Mulai dengan persiapkan berbagai bahan dan alat seperti obeng, pahat kayu, palu sampai dengan kaca pelindung mata.

Lanjutkan dengan melepas pada bagian sekrup yang ada pada permukaan pelat samping handel, persiapkan apakah ukuran sesuai atau tidak. Jika belum sesuai bisa pahat dengan alat yang telah disediakan sehingga pintu bisa disesuaikan. Masukkan handle pada lubang pintu baru dan pasang sekrup yang sebelumnya dilepas. Pasang pelat yang menempel pada kusen sesudahnya, coba buka dan tutup pintu secara berulang untuk memastikan kesesuaian ganggang.