cara membuat bakso isi sambal
Makanan

Cara Membuat Bakso isi Sambal yang Mudah dan Lezat

Banyak orang yang mencari cara membuat bakso isi sambal atau yang biasa disebut dengan bakso lava. Mungkin sudah biasa jika bakso disajikan dengan kuah yang segar dan berbagai macam potongan daging sapi, kelapa muda ataupun dengan campuran tulang sumsum.

Namun, sekarang ini sudah ada kreasi bakso dengan isian sambal dan cabai di dalamnya. Kreasi bakso daging sapi yang satu ini disebut dengan bakso lava. Sudah banyak yang menjual bakso lava. Tetapi kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah.

Membuat Bakso Isi Sambal

cara membuat bakso isi sambal

Bakso lava adalah variasi bakso modern yang baru dan wajib untuk kamu jajal. Bakso lava memiliki perbedaan dengan bakso biasa dalam ukuran dan rasa yang dihasilkan. Hidangan populer ini disebut dengan bakso lava karena isiannya yang sangat pedas.

Saat dibuka, di dalam bakso lava besar ini kamu akan menemukan bakso kecil dan banyak sambal di dalamnya. Rasa bakso dan kuahnya yang gurih dan pedas pasti akan membuat kamu ketagihan. Bakso lava yang sangat pedas ini paling enak dimakan saat dingin dan saat hujan.

Berikut ini cara untuk membuat bakso lava atau bakso dengan isian sambal di dalamnya.

Cara Membuat Bakso Lava atau Bakso Isi Sambal

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 500 gram daging sapi
  • 2 buah putih telur
  • 70 gram es batu
  • 6 sendok makan tepung tapioka atau tepung aci
  • 1 sendok makan bawang putih bubuk
  • 2 sendok teh garam
  • 1 ½ sendok teh penyedap rasa
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh minyak goreng
  • 1 ons cabe rawit merah atau cabe setan
  • Saus BBQ secukupnya

Langkah – langkah pembuatan :

  1. Haluskan daging sapi dan es batu sampai benar – benar halus.
  2. Masukkan putih telur ke dalam campuran daging sapi dan es batu lalu haluskan lagi sampai semuanya tercampur merata.
  3. Tepung tapioka, merica, garam, penyedap rasa, dan bawang putih bubuk dimasukkan ke dalam campuran di atas, setelah itu haluskan kembali sampai membentuk adonan seperti pasta.
  4. Panaskan air sampai benar – benar mendidih, setelah itu kecilkan api dan mulailah untuk mencetak bakso dengan ukuran kecil untuk menjadi isian bakso lava. Jika ingin lebih mudah dan mempersingkat waktu, kamu bisa menggunakan mesin pembuat bakso.
  5. cetak langsung di atas panci yang berisi air mendidih agar bakso kecil langsung tercemplung ke dalam air. Apabila bakso kecil sudah mengambang, tiriskan bakso kecil tersebut, jangan matikan api.
  6. Haluskan cabe rawit merah atau cabe setan dengan sedikit garam dan penyedap rasa. Gunakan mesin giling bumbu jika kamu punya agar lebih praktis.
  7. Baluri mangkok dengan sedikit minyak lalu cetak bakso lava di mangkok tersebut. Tambahkan saus BBQ, bakso kecil, dan juga rawit yang sudah dihaluskan tadi.
  8. Tutup adonan dalam mangkok tersebut sampai membentuk seperti bola.
  9. Cemplungkan bakso lava dalam mangkok tersebut ke air mendidih yang sebelumnya digunakan untuk merebus bakso kecil, tunggu selama beberapa menit. Jika bakso sudah matang maka bakso lava tersebut akan lepas sendiri dari mangkok. Usahakan menggunakan mangkok yang aman ketika direbus.
  10. Rebus bakso sampai benar – benar matang.

Saran penyajian :

  1. Buat kuah bakso dengan air untuk merendam bakso tadi. Tambahkan merica, penyedap rasa, bawang putih halus, dan garam secukupnya. Apabila ingin lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabe rawit utuh.
  2. Siapkan mangkok lalu tata mie kuning atau bihun, irisan sayur, bakso lava, dan bakso kecil. Kamu bisa menambahkan saus, kecap, atau bawang goreng sesuai selera.
  3. Kucuri jeruk nipis untuk mendapatkan sensasi rasa segar.

Tips membuat bakso lava atau bakso isi sambal :

  1. Kamu bisa menghaluskan daging sapi menggunakan blender atau food processor agar hasil lebih maksimal.
  2. Jika ingin kuah yang dihasilkan lebih gurih, kamu bisa menambahkan tetelan daging sapi yang berlemak.