Wisata

Menengok Sejarah di Monumen Peringatan Tragedi Bom Bali

Bali memiliki beragam destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Tidak mengherankan jika Bali dinobatkan sebagai negara dengan alam terindah versi media Inggris, Money.co.uk. Namun, siapa sangka Bali juga menyimpan peristiwa kelam, yang berdampak bagi dunia pariwisata dua dekade silam.

Menengok kembali pada tragedi bom Bali yang terjadi tahun 2002, sebuah monumen peringatan dibangun untuk mengenang tragedi dan para korban. Letak monumen yang strategis membuat wisatawan domestik maupun mancanegara dapat mengunjunginya.

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Monumen Peringatan Tragedi Bom Bali. Monumen ini memiliki bentuk paling menonjok dengan kayonan berbentuk seperti gunungan menyerupai daun putih. Anda akan mendapatkan pengalaman batin sekaligus kedamaian saat berada di sana. Lalu apa saja daya tariknya, berikut ini penjelasannya.

 

Monumen Bom Bali

Monumen yang terletak di ruang terbuka ini dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam. Setiap tanggal 12 Oktober biasanya dilakukan upacara peringatan di monumen tersebut. Di mana destinasi ini menyuguhkan daya tarik tersendiri, diantaranya:

Monumen yang Artistik

Monumen bom bali yang dirancang oleh Ir. Wayan Gomudha MT dibangun menyerupai daun putih kayu besar yang bermakna simbol alam semesta beserta isinya. Setiap bagian dari monumen memiliki makna mendalam dan didesain sangat artistik.

Kolam Indah di Tengah Monumen

Terdapat kolam di tengah monumen yang memiliki sembilan air mancur sebagai simbol sembilan arah mata angin yang akan menyebarkan perdamaian ke seluruh dunia. Wisatawan dapat menikmati keindahan kolam ini sambil memanjatkan doa.

Simbol Sebagai Pengingat

Wisatawan dapat menggali informasi seputar monumen beserta simbol yang menyertai bagian-bagian monumen kepada pemandu wisata. Simbol-simbol tersebut dapat menjadi pengingat bahwa dalam kehidupan harus mampu mengendalikan kehendak. Semua unsur yang disajikan pada monumen Peringatan Bom Bali menyelipkan harapan untuk mampu memancarkan kedamaian ke segala arah.

Buka 24 Jam

Destinasi wisata ini tidak dikenakan biaya masuk dan buka 24 jam setiap hari. Kawasan monumen Bom Bali terdapat jajaran pusat perbelanjaan yang menjual cenderamata, rumah makan, spa, dan penginapan.

 

Apabila Anda tertarik untuk menikmati keindahan Monumen Peringatan Bom Bali, silahkan Anda menggunakan paket wisata lengkap dari Baliventur. Anda dapat memilih semua destinasi wisata terbaik sesuai paket hemat yang tersedia di tour travel