Teknologi

Hubungan Energi dalam Reaksi Kimia

Energi merupakan kemampuan yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan. Kerja berarti perubahan energi yang berasal dari suatu proses. Terdapat berbagai macam energi yang digunakan dalam reaksi kimia menurut Perpusteknik. Salah satu contohnya yaitu energi kinetik. Lalu apa itu Energi kinetik? Ialah energi berasal dari benda yang dalam keadaan bergerak.

Selain itu, terdapat juga bentuk energi lain yaitu energi radiasi yang merupakan energi yang asalnya dari matahari. Energi ini menjadi sumber energi utama di bumi yang memanaskan permukaan bumi dan atmosfer, dapat mempengaruhi pola iklim di dunia, serta berfungsi untuk membantu pertumbuhan tanaman untuk melakukan fotosintesis. Selain itu, energi termal merupakan energi yang memiliki kaitan dengan gerakan acak dari atom dan molekul. Makin kuat gerakannya maka akan menimbulkan panas yang semakin tinggi, maka energi termalnya semakin besar juga

Terdapat juga energi kimia yaitu energi yang tersimpan di satuan struktur pada zat kimia. Besarnya energi dipengaruhi oleh jenis dan atom penyusunnya. Energi kimia akan dilepaskan lalu disimpan dan diubah menjadi energi bentuk lain dalam reaksi kimia. Bentuk energi lain yaitu energi nuklir, yaitu energi yang tersimpan dalam gabungan proton dan neutron pada suatu atom. Energi potensial ialah suatu energi yang dipengaruhi oleh posisi/tempat suatu benda. Contohnya pada batu di tempat yang lebih tinggi akan memiliki energi potensial yang lebih besar daripada batu yang lebih rendah tempatnya meskipun dilakukan gaya yang sama besar.

Diambil dari Perpusteknik, hukum kekekalan energi berarti nilai total energi pada alam semesta diasumsikan selalu konstan. Hal tersebut berarti energi tidak mungkin dimusnahkan maupun diciptakan oleh seseorang. Energi hanya dapat diubah dari dari jenis energi satu kepada energi jenis lain. Ketika satu jenis energi hilang, maka jenis lainnya akan terbentuk. Kalor merupakan bentuk hasil reaksi kimia yang menyerap dan melepaskan energi. Kalo merupakan perpindahan energi termal diantara dua benda yang memiliki suhu berbeda. Suhu bukan energi termal, namun merupakan pengukur energi termal.

Termokimia merupakan cabang ilmu yang mempelajari perubahan kalor. Dalam perubahan tersebut akan menyertai kepada reaksi kimia. Sedangkan, termodinamika merupakan cabang ilmu yang mempelajari perubahan antara kalor dengan bentuk energi lain. Fungsi keadaan adalah sifat yang ditentukan dengan keadaan sistem.

Proses eksotermik merupakan suatu proses dimana terjadi perpindahan energi termal ke lingkungan atau terjadi pelepasan kalor. Proses endometrik merupakan proses dimana terjadi perpindahan energi termal dari lingkungan ke sistem atau penyerapan kalor.Hukum termodinamika yang pertama berbunyi bahwa energi bisa diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Apabila suatu sistem melepaskan kalor ke lingkungan berarti energi di dalamnya akan turun karena terjadi pengurangan energi.