Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar
Berita

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Printer adalah perangkat keras komputer yang dipakai untuk mencetak dokumen secara mudah dan cepat. Seperti mesin pada umumnya, alat ini bisa juga mengalami error. Hal paling sering terjadi yaitu tinta warna tidak keluar. Jika mengalaminya, coba pakai cara ini.

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Jenis Tinta Printer

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi tinta warna tidak keluar, ada baiknya mengetahui jenis pemakaian tinta pada printer yang Anda miliki. Umumnya terdapat dua jenis tinta berdasarkan cara pengisiannya.

1. Printer Tinta Inkjet

Printer tinta inkjet memang lebih susah untuk mengetahui apakah sudah habis atau belum. Sebab wadahnya tidak transparan. Namun Anda bisa memperkirakan berat cartridge. Jika terasa ringan boleh jadi tinta memang sudah habis.

2. Printer Tinta Infus

Tinta infus memiliki tiga tabung transparan di satu sisi printer. Oleh sebab itu isi tinta bisa nampak dari luar. Apabila ingin lebih praktis, bisa langsung ke tempat print warna murah Jakarta untuk cetak lebih lengkap dan berkualitas.

 

Mengatasi Tinta Printer yang Tidak Keluar

Apabila terjadi error pada tinta, lampu notifikasi biasanya akan berkedip. Tanda ini berarti tinta kosong atau tidak terdeteksi oleh mesin. Bila mengalaminya, lakukan beberapa cara ini!

1. Cek Isi Tinta

Cara paling umum dilakukan saat tinta tidak keluar adalah cek isinya. Bisa saja tintanya memang sudah habis dan waktunya mengganti dengan yang baru. Pasang cartridge baru untuk tinta inkjet. Sedangkan untuk tinta infus Anda bisa langsung mengisinya ke wadah tersebut

2. Menggunakan Tools Cleaning dan Deep Cleaning

Tips kedua ini masih tergolong mudah sebab mengandalkan alat pada mesin print dan pengaturan komputer. Begini cara mudahnya.

  • Klik windows komputer
  • Pilih menu Devices and Printers.
  • Pilih Printing Preference
  • Klik Cleaning dan Deep Cleaning
  • Lalu Test Print

Sebelum melakukan test print, Anda bisa beri jeda sekitar 5 menit agar head printer tidak terlalu panas. Setelah hasil print keluar dan nampak garis warna secara jelas artinya tinta warna berfungsi dengan baik.

 

Itulah cara mengatasi printer warna yang tidak keluar. Setelah melakukan keduanya namun tinta tetap tidak terdeteksi Anda bisa cek selang tinta. Lebih aman lagi jika menyerahkan semua tugas cetak ke Only-Print jasa percetakan Jakarta.