Pendidikan

Pengertian Proposal & Fungsinya

Sebagai salah satu aplikasi sharing foto dan video yang paling populer yang ada di dunia, Instagram menawarkan beragam jenis konten dalam platformnya seperti video, foto, dan juga teks.

Salah satu hal pada Instagram yang mengalami banyak perubahan adalah ukuran gambarnya. Dulunya para pengguna hanya dapat memposting dengan ukuran rasio gambar berbentuk persegi (1:1) dengan besaran 640 piksel.

Hal itu karena agar gambar dapat tampil optimal pada iPhone. Karena memang dulu Instagram hanya ada pada iPhone saja sejak perilisanya pad 6 Oktober 2010. Baru kemudian pada 2012 Instagram versi Android muncul sampai kemudian diakuisisi oleh Facebook sebesar $1 miliar dolar.

Ukuran Gambar dan Aspek Rasio Video/ Foto Instagram

Saat memutuskan mengunggah gambar maupun video ke Instagram, maka anda harus memperhatikan ukuran dan juga rasionya. Instagram tidak dapat mengunggah semua jenis ukurn video dan foto. Jadi sebelum mengunggahnya sebaiknya ubah atau perbaiki terlebih dahulu aspek rasio yang diizinkan oleh Instagram. Jika memang memaksa, maka video atau foto nantinya akan terpotong menyesuaikan dengan ukuran baku yang ditetapkan oleh Instagram.

Ukuran dalam dunia digital disebut dengan pixel. Angka pertama mewkili lebar dan yang kedua mewakili tinggi. Misalnya ukuran yang optimal untuk diupload adalah 4:5 atau 9:16. dimana angka 4 dan juga 9 mewakili lebar, sementara 5 dan 16 mewakili tingginya.

Untuk ukuran video maupun foto, instagram hanya membolehkan ukuran 320 px dan 1080 px. Jika kurang ataupun lebih, maka otomatis akan diperbesar ataupun diperkecil. Sekalipun anda memposting dengan ukuran 1080 x 1080 maka akan dikompresi oleh instagram menjadi mendekati angka 600 x 600 piksel. Maka dari itu, sebaiknya hindari untuk memposting dengan ukuran gambar maupun foto yang sangat besar ke Instagram.

 

Ukuran video Instagram

Ada banyak macam ukuran video Instagram yang bisa diupload, diantaranya:

  • Video persegi: 1×1
  • Video horizontal atau lanskap: 16:9
  • Instagram stories: 9:16
  • IGTV: 9:16, 5:4, 4:5
  • Foto sampul IGTV: 1:1
  • IG live: 9:16