Pendidikan

Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi

Pada kesempatan yang bahagia ini saya akan mengulas mengenai Sejarah Islam yang ada di Sulawesi. Sebagaimana pada pembahasan ini akan menjelaskan mengenai sejarah masuknya islam di indonesia terlebih lagi pada daerah Sulawesi yang akan dibawa secara singkat dan mudah untuk dimengerti. agar dapat lebih memahami dengan detail mari kita simak bersama artikel di bawah ini.

 

Sejarah Kerajaan Islam di Sulawesi

Pada awalnya kerajaan islam yang berdiri untuk pertama kali yaitu kerajaan Gowa, Tallo, Luwu, Bone, serta Soppeng yang merupakan sebuah kerajaan yang berada di Sulawesi Selatan. Setelah itu kerajaan Wajo, Kerajaan Soppeng, dan kerajaan Bone memilih untuk bergabung menjadi Tellum Pacceu. Sedangkan untuk Kerajaan Gowa dan dan kerajaan Tallo memilih bersatu dengan nama Kerajaan Makassar.

Kerajaan Makassar

Kerajaan Gowa dan Tallo bersatu menjadi satu yang dibawah kepemimpinan raja Gowa yang bernama Daeng Manrabba. Setelah Daeng Manrabba ini menganut agama Islam ia mendapatkan bergelar Sultan Alauddin. Sedangkan untuk raja Tallo sendiri yang bernama Karaeng Mattoaya yang memiliki Sultan Abdullah, ia menjadi seorang Mangkubumi. Bersatunya dua Kerajaan tersebut dan begitu pula tersebarnya agama Islam ke daerah Sulawesi Selatan.

Kehidupan Masyarakat

Terdapat beberapa tinjauan yang ada pada kehidupan masyarakat di sulawesi, yaitu seperti kehidupan ekonomi, kehidupan sosial dan dan kehidupan budaya.

Kehidupan Ekonomi

Kerajaan Makassar sendiri letaknya sangat strategis, yakni berada di tengah-tengah antara jalur perdagangan Maluku dan Malaka, oleh sebab itu kerajaan ini berkembang menjadi sebuah pusat perdagangan.

Kehidupan Sosial

Kehidupan Sosial Kerajaan Makassar yaitu feodal, yang mana masyarakat Makassar dibedakan menjadi tiga kasta. Untuk kasta tertinggi di masyarakat yaitu yang memiliki gelar Karaeng yang mana pada kasta ini terdiri atas kaum bangsawan, tumasaraq yaitu gelar untuk rakyat biasa, serta ata yang merupakan hamba sahaya.

Kehidupan Budaya

Kebudayaan di Kerajaan Makassar sendiri dipengaruhi oleh suatu kondisi dari kerajaan yang sifatnya maritim, yaitu sebagai pembuatan alat penangkap ikan serta pembuatan kapal pinis.

 

Itulah penjelasan singkat mengenai sejarah kerajaan islah yang ada di sulawesi, sekian terimakasih.

Sumber : https://www.studinews.co.id/