Makanan

Tips Membuat Kerupuk Beras yang Enak Beserta Resepnya

Kerupuk merupakan makanan ringan yang bertekstur renyah dan memiliki rasa yang gurih, hal tersebut membuat kerupuk banyak digemari oleh banyak orang. Orang-orang di Indonesia sangat menyukai atau bisa dikatakan pecinta kerupuk. Bahkan, hampir semua orang merasa tidak lengkap jika makan tanpa kerupuk. Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips membuat kerupuk beras yang enak beserta resepnya.

Tips Membuat Kerupuk Beras

1. Adonan yang Tepat

Pastikan Anda tidak memiliki terlalu banyak udang atau terlalu banyak tepung. Tepung yang digunakan harus kanji karena akan menghasilkan kerupuk yang mengembang dan juga renyah nantinya saat digoreng. Campurkan tapioka dengan udang terlebih dahulu, lalu bumbu dan air panas. Pastikan juga untuk membuat bumbu yang tepat agar rasanya enak.

2. Kukus Sampai Matang

Setelah adonan cukup lentur, buat bulatan panjang atau bungkuslah dengan plastik. Kemudian kukus adonan sampai matang. Proses mengukusnya juga harus sabar, minimal 30 menit sampai bagian dalamnya matang.

3. Iris dengan Ketebalan yang Sama

Setelah dikukus dan dibiarkan dingin, keluarkan adonan kerupuk dari bungkusnya, lalu iris tipis-tipis. Jika tidak, kerupuk tidak akan matang secara merata saat digoreng.

4. Jemur Hingga Kering

Setelah diiris-iris dengan ketebalan yang sama, susun satu persatu di dalam tampah bambu dan keringkan kerupuk hingga kering. Proses pengeringan ini biasanya cukup lama agar kerupuk mentah benar-benar kering sehingga saat disimpan juga awet.

5. Goreng dalam Dua Tahap

Setelah di jemur sampai kering, goreng dalam minyak panas tapi dengan api kecil. Jika sudah setengah mengembang, angkat dan tiriskan. Kemudian ulangi terus menggoreng kerupuk agar bisa mekar maksimal.

Resep Kerupuk Tepung Beras

Bahan:

  • 150 gram tepung kanji
  • 300 gram tepung beras
  • 150 gram kelapa parut
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh kemiri bubuk
  • 4 sendok makan mentega
  • 2 sendok teh ketumbar bubuk
  • Air panas secukupnya
  • 1 sendok teh garam dapur
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan blender atau alu untuk menggiling bumbu seperti bawang putih, biji kemiri, dan ketumbar.
  2. Blender semua bahan sampai benar-benar halus dan tercampur rata. Kemudian sisihkan.
  3. Kemudian siapkan tepung beras dan kelapa parut lalu aduk hingga merata.
  4. Kemudian siapkan kukusan dan kukus selama kurang lebih 20 hingga 30 menit hingga matang lalu angkat dan pindahkan ke wadah.
  5. Setelah itu masukkan tepung kanji dan tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya, jangan lupa juga tambahkan garam dan kaldu bubuk sesuai selera.
  6. Uleni semua adonan sampai semuanya halus. Kemudian ambil wajan dan lelehkan mentega. Dan tambahkan mentega cair dan aduk kembali hingga rata.
  7. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  8. Kemudian bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan pipihkan hingga tipis.
  9. Siapkan minyak goreng dalam wajan dan panaskan hingga benar-benar panas menggunakan api sedang. Goreng kerupuk tepung beras hingga kuning keemasan atau hingga mengembang.
  10. Kerupuk tepung beras yang enak ini siap dinikmati.
  11. Anda juga bisa mengemas produk ini menggunakan hand sealer agar tidak mudah mandek dan juga bisa dengan mudah dinikmati kapan saja.

Gunakan mesin peniris minyak dan deep fryer untuk mempermudah pembuatan kerupuk tepung beras.

Itulah pembahasan kali ini tentang tips membuat kerupuk beras yang enak beserta resepnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.