cara meracik kopi hitam
Tips

Cara Meracik Kopi Hitam yang Menghasilkan Rasa Lezat

Ternyata cara meracik kopi hitam yang biasa kita lakukan kurang tepat. Mungkin yang dihasilkan dari cara meracik yang biasa kita lakukan terasa nikmat ketika diminum, namun akan lebih nikmat jika kita meracik dengan memperhatikan cara dan beberapa ketentuannya.

Tak hanya dengan sembarangan memberi air panas pada bubuk kopi. Selain dengan memilih kopi yang nikmat menurut selera kamu, ada hal lain yang harus kamu perhatikan juga.

 

Meracik Kopi Hitam

cara meracik kopi hitam

Berikut ini beberapa cara atau tips untuk meracik kopi hitam, seperti :

A. Cara Meracik Kopi Hitam

1. Pilih Bubuk Kopi

Secangkir kopi yang lezat dihasilkan dari pilihan kopi yang memiliki kualitas baik. Untuk memperoleh kopi yang segar, kamu bisa memilih penjual kopi yang langsung memanggang kopi di tempat. Hindari memilih kopi yang telah dipanggang dalam beberapa waktu lalu sebab aroma dari kopi akan menghilang.

Apabila kamu membeli kopi yang masih berbentuk biji, pastikan kamu simpan biji kopi tersebut dengan benar. Simpan di wadah yang tertutup rapat dan dengan ukuran yang tidak banyak.

2. Giling Kopi

Sebaiknya kamu menggiling kopi jika akan diseduh saja dan jangan disimpan terlalu lama. Hal ini karena banyak ahli yang mengatakan jika kopi akan mulai kehilangan rasanya dalam waktu 30 menit sesudah ditumbuk.

Selain itu, jangan menggiling kopi terlalu halus karena menggiling kopi terlalu halus akan membuat kopi menjadi terlalu pahit akibat dari mengekstrak kopi yang berlebihan. Jangan biarkan kopi yang sudah digiling basah, kamu bisa menggunakan mesin kopi berupa alat pengering kopi.

3. Ukur Kopi

Sama halnya dengan membuat beberapa macam kue atau sajian minuman lain, membuat kopi juga sebenarnya ada ukurannya. Umumnya dengan perbandingan 1:20 yang berarti 1 bagian kopi dicampur dengan 20 bagian air. Bisa diumpamakan 7,5 gram kopi dicampur dengan 150 ml air.

Dengan ukuran tersebut akan menghasilkan secangkir kopi dengan rasa yang kuat. Namun, beberapa orang juga ada yang menyeduh kopi dengan ukuran perbandingan 1:14 dan 1:30.

4. Penggunaan Air

Agar menghasilkan rasa kopi yang lezat dan berkualitas, penggunaan air juga harus kamu perhatikan. Barista biasanya menyeduh kopi menggunakan air yang sudah disaring atau menggunakan air minum kemasan.

Disarankan untuk kamu menggunakan air seperti itu dan sebaiknya jangan gunakan air yang sudah disuling atau dikurangi kadar mineralnya. Untuk meracik secangkir kopi, kamu juga bisa memakai kertas filter guna memisahkan ampas kopi.

Panaskan 50 ml atau satu per empat air sampai suhunya 93 derajat celcius. Tuangkan secara perlahan air panas ke bubuk kopi yang sudah ditaruh di kertas filter. Pastikan air sudah membasahi seluruh permukaannya. Biarkan selama kurang lebih 45 detik sebelum kamu nikmati.

5. Suhu untuk Meracik Kopi

Suhu yang paling pas untuk menyeduh kopi yaitu 90 sampai 96 derajat celcius. Suhu yang terlalu dingin bisa membuat rasa kopi cenderung datar sedangkan kopi yang diseduh pada suhu yang terlalu panas akan membuat rasa kopi menjadi hilang.

B. Tips Menyeduh Kopi

Selain beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan, yaitu:

  1. Memperhatikan kebersihan alat yang digunakan untuk meracik atau menyeduh kopi. Terlebih untuk panci, sendok, dan cangkir yang digunakan.
  2. Selalu ikuti rasio atau ukuran perbandingan antara air dan kopi. Hal ini karena jika terlalu banyak air, kopi yang dihasilkan akan encer. Begitupun sebaliknya jika air terlalu sedikit maka kopi yang dihasilkan akan lebih dominan dengan bubuk kopi.
  3. Gunakan kopi yang baru digiling agar rasanya lebih nikmat dan lezat. Hindari bubuk kopi yang telah disimpan selama beberapa bulan.
  4. Agar rasa segar kopi tidak hilang, simpan bubuk kopi di wadah yang kedap udara dan juga masukkan ke dalam lemari pendingin atau kulkas.

Itulah beberapa cara untuk meracik kopi dan juga tips menyeduh kopi. Ikuti beberapa cara dan tips tersebut agar rasa kopi yang dihasilkan lebih nikmat dan lezat.