Makanan

Cara Bikin Jander Jagung Sederhana dan Lezat

Jander jagung merupakan salah satu kuliner tradisional khas Indonesia yang dibuat langsung dengan bahan baku jagung. Cara bikin jander jagung juga tidak terlalu sulit. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara bikin jander jagung yang mudah dan lezat.

 

Jander Jagung

Merupakan makanan tradisional yang kini sudah jarang ditemukan, jander jagung ini memiliki tampilan yang mirip dengan agar-agar atau semacam gethuk. Terbuat dari bahan baku jagung manis, dengan warna yang kuning cerah.

Jander jagung akan terasa kenyal dan lembut ketika dimakan, bersamaan dengan rasa manis yang alami. Sensasi lembut dan kenyal dari kue jander jagung ini membuat siapapun akan ketagihan untuk mencobanya.

Jika kamu penasaran dengan rasanya, kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Karena proses pembuatan jander jagung ini terbilang mudah dan sederhana, bahkan bila kamu mengetahui resep dan cara membuatnya, kamu dapat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menjadikan jander jagung ini sebuah usaha yang menguntungkan.

 

Cara Bikin Jander Jagung

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kalau membuat jander jagung ini terbilang mudah dan sederhana. Sebab untuk membuat kue tradisional ini kamu cukup menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Berikut ini cara bikin jander jagung yang dapat kamu ikuti di rumah :

Bahan-Bahan :

  • 400 gr tepung maizena
  • 800 ml santan
  • 400 gr gula pasir
  • 200 gr tepung hunkwe
  • 6 buah jagung manis
  • 2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat :

1. Siapkan semua bahan serta alat yang akan digunakan. Kemudian cuci bersih semua jagung yang ada, parut jagung dengan menggunakan mesin pemipil jagung dan mesin giling jagung maupun mesin lainnya.

2. Selanjutnya campurkan parutan jagung tadi bersama dengan tepung maizena, tepung hunkwe, gula, garam, serta santan, dan aduk merata hingga gula larut.

3. Kemudian panaskan bahan yang telah dicampurkan tadi menggunakan api sedang, dan tambahkan pula daun pandan, aduk merata sampai mengental, lalu matikan api dan angkat adonan.

4. Siapkan cetakan, masukkan daun pandan kedalamnya. Masukkan pula adonan jander jagung yang sudah dibuat tadi.

5. Setelah itu, adonan akan didiamkan hingga suhunya dingin. Atau juga bisa memasukkannya ke dalam kulkas.

6. Keluarkan jander jagung dari cetakan jika sudah siap. Sajikan dan jander jagung siap dinikmati.

 

Bagaimana? Mudah bukan, cara bikin jander jagung ini bisa dibuat oleh siapa saja. Hanya dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan, mampu menghasilkan cita rasa kue tradisional yang lezat dan nikmat.

 

Peluang Usaha Jander Jagung

Sebelumnya sudah kita bahas singkat, kalau selain memiliki rasa yang lezat dan cara bikin jander jagung yang mudah dan sederhana. Kamu juga bisa memanfaatkan kemampuan kamu dalam membuat jander jagung untuk kemudian dijadikan sebagai usaha kue yang menjanjikan dan menguntungkan.

Seperti yang kita ketahui, jander jagung kini cukup sulit untuk ditemukan. Kue jagung yang manis ini sudah tergantikan dengan kue modern lainnya seiring berjalannya waktu.

Akan tetapi bukan berarti usaha jander jagung ini akan sepi. Justru karena minimnya pengusaha jander jagung ini, membuat celah yang dapat kamu manfaatkan. Karena sedikitnya para pelaku usaha jander jagung ini, tentu membuat persaingan pasar semakin mudah untuk ditaklukkan.

Tapi jangan seneng dulu, walau usaha ini masih jarang ditemukan. Jika kamu benar-benar ingin menjalankan usaha ini, kamu juga perlu membuat sebuah strategi usaha yang menjanjikan dan matang. Dengan meningkatkan kualitas jander jagung kamu, tentu akan membuat banyak konsumen memilih produk yang kamu buat.

 

Itu dia beberapa penjelasan tentang cara bikin jander jagung yang bisa kamu coba sendiri di rumah, serta peluang usaha jander jagung yang masih terbuka lebar. Sampai sini dulu pembahasan kita kali ini, semoga dengan informasi di atas dapat membantu kamu dalam membuat jander jagung yang enak sekaligus menambah pengetahuan kamu tentang kue tradisional satu ini.