Tips Menanyakan Info Lowongan Kerja  melalui Telepon
Berita

Tips Menanyakan Info Lowongan Kerja melalui Telepon

Berkembangnya teknologi membuat semuanya menjadi lebih mudah, termasuk dalam menanyakan info lowongan kerja. Sekarang, siapapun bisa menanyakan hal tersebut tanpa harus datang ke kantornya langsung, sebab adanya detail kontak mempermudah komunikasi dengan perusahaan.

Adanya detail kontak perusahaan tentu untuk mempermudah komunikasi. Namun, sopankah menelpon  kontak tersebut untuk menanyakan info lowongan kerja? Jawabannya adalah sopan dan diperboleh asal sesuai dengan etika. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan.

Tips Menanyakan Info Lowongan Kerja  melalui Telepon

Mencari Informasi Detail Terlebih Dahulu

Sebelum menanyakan info lowongan kerja terhadap perusahaan tersebut, tentu harus memiliki informasi terkait dengan kontak yang dapat dihubungi. Biasanya setiap website atau media sosial resmi menuliskan contact person. Tentunya, kontak tersebut dapat digunakan.

Setelah mendapatkan kontak tersebut, cobalah untuk menghubungi kontak tersebut untuk menanyakan info loker. Namun, jika Anda memiliki kolega di perusahaan tersebut sehingga mendapatkan nomor HRD, tentu akan lebih cepat prosesnya karena langsung ke pihak terkait.

Mempersiapkan Sebelum Menelepon

Sebelum menelepon, cobalah untuk mempersiapkan segalanya terlebih dahulu. Mulai dari tata cara menelepon yang baik, etika dalam menelepon, dan masih banyak lagi. Hal ini bertujuan agar proses menanyakan via telepon tersebut sopan dan tidak akan dianggap buruk oleh perusahaan.

Selain mempelajari hal tersebut,diperbolehkan juga untuk latihan menelepon terlebih dahulu atau bisa juga berlatih interview. Sebab, bukan tidak mungkin juga perusahaan akan langsung menginterview Anda karena sangat membutuhkan sahabatnya.

Memperhatikan Waktu Telepon

Walaupun terkadang info terkait detail kontak tidak mencantumkan jam telepon yang diperbolehkan. Sebaiknya, Anda tetap memperhitungkan etika dan kesopanan dalam menelepon siapapun termasuk sosok dibalik info detail kontak tersebut. Hal ini tentunya untuk menghindari kesan buruk.

Agar tidak salah telepon, sebaiknya Anda menelepon pada hari kerja dengan waktu diantara 08.30 hingga 11.00. Namun, jika terdapat jadwal karyawan pada website perusahaan yang lebih pasti, tentu akan lebih mudah menentukan kapan waktu tepat untuk telepon.

 

Demikian penjelasan mengenai cara menanyakan info lowongan kerja melalui telepon. Menanyakan langsung merupakan salah satu cara yang sah-sah saja untuk dilakukan, dengan catatan memperhatikan etikanya. Semoga dapat membantu.