Internet

Cara Efektif Menulis Deskripsi Produk

Saat Anda berbisnis online, entah itu marketplace atau website. Tentu saja, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk bisa membantu penjualan. Salah satu caranya adalah dengan menulis deskripsi produk yang tepat.

Tentunya contoh deskripsi produk tersebut sangat penting yang bisa diterapkan karena tujuannya supaya produk yang dijual dengan cara online bisa cepat laku dan pembeli pasti semakin percaya dengan produk yang Anda sediakan.

Tidak hanya produk yang cepat terjual, menulis deskripsi produk juga bisa meningkatkan teknik market positioning  Anda. Deskripsi produk merupakan hal yang harus diperhatikan di dunia bisnis beserta gambar produk.

Karena contoh deskripsi produk tersebut adalah penjelasan lengkap tentang produk yang akan dijual. Menulis deskripsi produk pun tidak sembarangan. Itu sebabnya Anda membutuhkan cara efektif menulis deskripsi produk.

Apakah Anda ingin tahu cara apa yang harus Anda pertimbangkan saat Anda menulis deskripsi produk? Berikut akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

 

Berikut Cara Efektif Menulis Deskripsi Produk

1. Kenali Target Pelanggan 

Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum  Anda menulis deskripsi produk yaitu mengidentifikasi target pelanggan Anda. Cara ini dapat dimulai dengan memahami pembeli, yaitu mencari tahu apa sifat pelanggan potensial Anda.

Mulai dari minat pelanggan, apa yang pelanggan butuhkan, seberapa sering pelanggan  mengunjungi website atau medsos Anda, dan sebagainya. Pelajari juga gaya berbicara yang pas untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Pada umumnya gaya bahasa bisa disesuaikan dengan umur, selera humor atau bisa brand image yang mau diciptakan di mata pelanggan. Dilihat dari salah satu akun media sosialnya, Kalis sengaja dengan bahasa sehari-hari agar tampil kasual dan keren.

Hal ini memang disesuaikan target pelanggannya yang biasanya adalah remaja atau milenial. Selain gaya bahasa, Anda dapat menambahkan informasi mengenai kelebihan  atau fungsi dari produk yang disediakan.

Misalnya seperti pada postingan kali sebelumnya, dimana pelanggan mengutamakan harga nominal yang terjangkau yang bertujuan menarik perhatian pelanggan.

2. Menggunakan Bahasa yang Natural

Ketika tulisan deskripsi produk di baca, apakah intonasinya terdengar ramah? Atau malah terlihat kaku kaya robot? Jika masih seperti ini, coba lagi untuk mengubah nada serta gunakan kosakata tertulis.

Seperti catatan emosional sebelumnya, tata bahasa percakapan dan nada tulisan memudahkan merek Anda terhubung dengan pelanggan. Caranya yaitu dengan cara gunakan bahasa yang masih umum serta mudah dicerna.

Hindari penjelasan yang rumit supaya tidak membuat penonton bosan. Contoh penulisan deskripsi produk percakapan adalah sebagai berikut.

Terlihat bahwa merek Scarlett Whitening yang digunakan menggunakan metode periklanan dengan bahasa yang bisa dengan mudah untuk dipahami serta penekanan yang natural.

Ingat bahwa Anda juga dapat menambahkan klausa persuasif (ajakan) di kalimat akhir, yaitu:"Gabung sekarang serta rasakan sendiri hasilnya" yang bisa meyakinkan calon pelanggan.

 

Itulah cara efektif menulis deskripsi produk, jika anda ingin menulis deskripsi produk bisa menggunakan strategi SEO, tidak perlu repot membuatnya cukup hubungi jasa penulisan artikel seo dengan jasa penulisan artikel seo bisa membantu menulis deskripsi produk dengan artikel seo.