Kecantikan

Cara Jitu untuk Menghilangkan Milia di Wajah

Di hidup kita, memiliki wajah dengan kondisi yang mulus tanpa adanya noda sedikitpun tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama para wanita. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang terlahir dan diberkahi dengan kondisi wajah yang flawless.

Masalah kulit rasanya sudah menjadi bagian dari keseharian HidupKita. Mulai dari wajah kusam, noda hitam, komedo, jerawat atau bahkan milia. Milia menjadi salah satu masalah wajah wajah serius yang bisa menurunkan rasa percaya diri.

Sebenarnya, apa itu milia? Orang awam menganggap milia seperti komedo. Namun pada kenyataannya, milia berbeda dengan komedo. Milia mempunyai ciri khas muncul di bagian bawah mata berupa bintik putih.

Milia muncul karena suatu kondisi dimana terdapat tumpukan protein keratin yang terperangkap pada bagian kulit terluar. Penyebab munculnya milia pun terdapat beberapa faktor seperti penggunaan krim dengan kandungan steroid, paparan sinar matahari dan faktor lainnya.

 

Cara Jitu Hilangkan Milia Paling Ampuh

1.Rajin Menggunakan Sunscreen

Sebelum melakukan aktivitas harian, sebaiknya kamu gunakan sunscreen terlebih dahulu dengan SPF tinggi. Tujuannya adalah untuk melindungi wajahmu dari paparan sinar matahari. Pastikan juga, sunscreen yang hendak kamu gunakan terdapat label bertuliskan oil free untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit wajahmu.

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, bahwa milia bisa disebabkan karena adanya protein yang terperangkap di bagian bawah kulit. Semakin tebal sel kulit yang menjadi penghalang protein, maka akan semakin menyulitkannya untuk bisa keluar.

2.Melakukan Eksfoliasi Sesuai Kondisi dan Kebutuhan

Terperangkapnya protein yang ada di bagian bawah kulit, bisa kamu atasi dengan cara melakukan eksfoliasi. Dimana eksfoliasi sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan dan berlebihan karena bisa membuat kulit semakin tipis.

Disarankan untuk melakukan eksfoliasi menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, gula dan lemon. Selain itu, kamu juga harus memastikan selama proses eksfoliasi berlangsung, benar-benar dilakukan dengan teknik yang baik dan lembut untuk mencegah terjadinya iritasi.

3.Manfaatkan Retinol

Retinol menjadi salah satu bahan paling banyak digunakan untuk perawatan wajah. Kandungan vitamin A di dalamnya, mempunyai peran yang sangat penting dalam merangsang proses pergantian sel kulit mati hingga mendukung peningkatan produksi kolagen.

Untuk mengatasi milia, kamu bisa mengaplikasikan retinol ke bagian wajah yang terdapat milia tipis-tipis saja.

4.Hindari Memencet dan Menusuk Menggunakan Jarum

Memencet atau bahkan menusuk menggunakan jarum pada bagian wajah yang terdapat milia, justru bisa memperparah masalah kulit wajah. Untuk itu, cara ini sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam mengatasi masalah milia. Mulai sekarang, kamu harus menjauhi kedua cara ini agar terhindar dari masalah wajah yang lebih serius.

5.Berkunjung ke Pusat Dermatologis

Ini menjadi cara terakhir paling tepat untuk mengatasi milia. Dengan datang ke pusat dermatologis, kamu jadi lebih yakin, bahwa masalah pada wajah yang kamu alami benar-benar milia. Jadi, wajah kamu pun akan mendapat rekomendasi langsung dari pakar kecantikan, sehingga masalah milia benar 0 benar bisa diatasi sampai ke akarnya. Perawatan yang biasa dilakukan untuk milia seperti laser atau bisa juga chemical peeling.

Dengan mengetahui cara menghilangkan milia, setidaknya beban hidup kita jadi lebih berkurang karena satu masalah wajah sudah bisa teratasi. Kamu bisa mencobanya di rumah untuk menghilangkan milia. Jika masih belum berhasil atau timbul efek samping, segera hubungi pihak medis.