septic tank
Rumah

Perhatikan, Inilah Ukuran Septic Tank untuk 4 Orang yang Ideal

Membuat septic tank tidaklah sembarangan dalam menentukan ukurannya. Pasalnya, ukuran septic tank ditentukan oleh jumlah orang yang berada di dalam sebuah rumah. Bagi yang sedang bingung menentukan ukuran septic tank untuk 4 orang wajib menyimak ulasan di bawah ini.

Sebelum membahas ukuran septic tank untuk empat orang, alangkah lebih baik jika mengetahui juga tentang beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum membuat septic tank. Ingin tahu lebih lanjut? Simak ulasan berikut ini!

 

Aspek yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Septic Tank

Sebelum membuat septic tank untuk skala rumah, terdapat aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan. Hal ini, bertujuan untuk melakukan pencegahan terhadap potensi terjadinya pencemaran lingkungan akibat air limbah rumah tangga. Berikut ini aspek yang perlu diperhatikan ketika akan membuat septic tank:

1. Ukuran dari Septic Tank

Ukuran dari septic tank yang tidak disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah akan menjadikan daya tampung limbah menjadi kurang efektif. Hal itu, tentu saja akan berdampak pada toilet yang sering bermasalah mampet, sehingga terpaksa sering menggunakan jasa sedot WC berulang kali. Dengan begitu, ukuran septic tank harus semakin besar selaras dengan bertambahnya jumlah penghuni di dalam rumah.

2. Kekuatan Konstruksi Bangunan Septic Tank

Konstruksi bangunan septic tank harus dirancang dengan pondasi yang kokoh, karena fungsinya sebagai penampung tentulah harus kuat. Ketika memilih material, pilih yang memiliki kualitas bagus. Perlu diperhatikan saat membangun, juga harus berhati-hati, agar tidak roboh dan mengalami kebocoran.

3. Sirkulasi udara dan air

Penting dipahami, sirkulasi udara dan air juga menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Sirkulasi udara dan air yang lancar membuat proses degradasi limbah tinja oleh mikroorganisme akan berjalan dengan baik.

Pasalnya, mikroorganisme tersebut membutuhkan udara dan air sebagai media untuk berkembang. Semakin bagus sirkulasi keduanya, semakin cepat pula proses penghancuran limbah. Dengan begitu, pengurasan maupun penyedotan tidak perlu lagi untuk dilakukan.

4. Jarak Septic Tank dengan Sumur

Sangat dihimbaukan jika pembuatan septic tank harus memiliki jarak dengan sumur. Sebaiknya pembuatan septic tank ditempatkan agak berjauhan dengan sumber air atau sumur. Tujuannya supaya tidak mudah tercemar dan terpapar sumber penyakit.

septic tank

Ukuran Septic Tank untuk 4 Orang yang Ideal

Septic tank yang difungsikan untuk 4 orang masih dikategorikan berukuran kecil. Jadi, tidak memerlukan lahan yang besar dan kedalaman yang dalam. Sementara, untuk perawatannya pun juga tergolong cukup mudah dilakukan. Bahkan, kemungkinan jika ukurannya dan aspek lainnya terpenuhi, tidak perlu melakukan pengurasan.

Ukuran septic tank menjadi aspek yang perlu diperhatikan ketika akan membuatnya. Tidak boleh sembarangan, pasalnya jika tidak sesuai bisa menyebabkan gangguan pada lingkungan, seperti menimbulkan penyakit, bau tidak enak, dan lain-lain. Inilah ukuran septic tank yang ideal untuk rumah.

Penghuni rumah maksimal berjumlah 4 orang, disarankan menyediakan ukuran septic tank sekitar 1,5 x 1,5 x 2 dalam satuan meter. Ditambahkan pembuatan bak yang berfungsi sebagai resapan yang memiliki ukuran ideal sebesar 1 m x 1 m x 2 m. Misalkan ingin dilebihkan sedikit juga tidak masalah.

 

Itulah ukuran septic tank untuk 4 orang yang ideal dari limbah air rumah tangga. Pada intinya, pembuatan septic tank disesuaikan dengan jumlah penghuni pada sebuah rumah tinggal. Dengan demikian limbah air tidak akan mengganggu dan mencemari lingkungan di sekitarnya. Apabila menginginkan informasi lebih lengkap mengenai septic tank, bisa langsung mengunjungi website https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.