Kesehatan

Jangan Panik Saat Gusi Berdarah, Lakukan Cara Ini

Gusi berdarah adalah masalah yang pernah dialami oleh setiap orang, penyebabnya beragam dari infeksi pada gigi atau gusi hingga kelainan pendarahan pada gusi itu sendiri. Gusi yang sering berdarah menandakan gingivitis atau radang gusi, yang merupakan tahap awal penyakit yang jika disertai dengan tanda lain seperti bengkak gusi merah serta radang. Untuk menghentikan pendarahan gusi tidak perlu panik atau membawanya ke dokter gigi. Cara-cara  berikut dengan bahan bahan yang dapat di temukan di rumah akan dapat membantu menyembuhkan sendiri,

Kain kasa

Kain kasa dapat menghentikan pendarahan dengan menekan pada area gusi yang berdarah, tetapi untuk kamu yang kekebalan tubuhnya rendah membutuhkan waktu lebih lama untuk menghentikan pendarahan kursi.

Kompres dingin

Dengan mengompres gusi yang berdarah dengan es batu yang dibungkus dengan kain selama 10 menit, ulangi pengompresan jika masih berdarah setelah beristirahat 10 menit.

Kantung teh

Kantung teh juga dapat menghentikan pendarahan pada gusi mu, cukup dengan menyeduh kantong teh dengan air mendidih, dinginkan selama 2 menit, lalu meletakkan kantong teh di area gusi yang berdarah, cara ini juga mengurangi resiko infeksi pada gusi.

Larutan air garam

Air garam juga dapat mengurangi pendarahan pada gusi, meredakan pembengkakan, dan menghindarkan gigi dari bakteri penyakit. Cukup dengan berkumur dengan air garam maka pendarahan pada gusi berhenti.

Konsumsi sayuran hijau

Pendarahan pada gusi juga diakibatkan kekurangan vitamin K, dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, selada dan kangkung akan meminimalisir pendarahan pada gusi.

Konsumsi wortel dan timun

Wortel dan timun adalah buah  renyah yang bisa menghilangkan sisa makanan pada gigi yang bisa mengakibatkan gusi berdarah, selain itu buah ini juga baik untuk kesehatan gigi karena rendah gula dan karbohidrat.

Berkumur dengan obat kumur

Obat kumur yang mengandung chloro hexidine hydrogen peroxide dapat menenangkan gusi yang sakit, obat kumur juga dapat mencegah peradangan yang akan membuat kursi menjadi berdarah.

Jadi tidak harus ke dokter gigi jika mengalami pendarahan pada gusi, karena ternyata di dalam rumah pun kita dapat mengatasinya sendiri. 

Sumber: JB Dental